Kompas.com - 26/01/2022, 09:28 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Para pesohor dunia hiburan Tanah Air ikut bersuara setelah temuan kerangkeng manusia di rumah Bupati nonaktif Langkat, Terbit Rencana Perangin-Angin.

Keberadaan kerangkeng manusia itu terungkap setelah Terbit terjerat operasi tangkap tangan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) beberapa waktu lalu.

Tiga sutradara, yakni Hanung Bramantyo, Angga Dwimas Sasongko, dan Ernest Prakasa, mengungkapkan reaksi mereka terhadap kerangkeng manusia di rumah Terbit Rencana Perangin-Angin ini.

1. Hanung Bramantyo

Hanung Bramantyo mengecam keras dugaan perbudakan oleh Terbit Rencana Perangin-Angin dengan ditemukannya kerangkeng manusia tersebut.

Baca juga: Hanung Bramantyo Kecam Kerangkeng di Rumah Bupati Nonaktif Langkat

Menurut suami Zaskia Adya Mecca ini, mempertanyakan alasan seorang pemimpin seperti Terbit Rencana Perangin-Angin bisa melakukan tindakan yang diduga perbudakan tersebut.

"Seorang pemimpin yang mengaku beragama Islam tak mungkin melakukan perbudakan semacam ini," tulis Hanung di Instagramnya.

2. Angga Dwimas Sasongko

Sementara itu sutradara Angga Dwimas Sasongko tidak menyangka adegan perbudakan yang ditulisnya di film Ben & Jody terjadi di dunia nyata, bahkan di Indonesia.

"Saya menulis cerita di film Ben & Jody, ada manusia-manusia dikerangkeng dan kerja paksa babat hutan untuk buka lahan sawit. Membayangkan dan mengadegankannya saja perih sekali," tulis Angga seperti dikutip Kompas.com dari Twitter-nya, Selasa (25/1/2022).

Baca juga: Angga Dwimas Sasongko Tak Sangka Adegan Perbudakan dalam Ben & Jody Terjadi di Dunia Nyata

Angga mengatakan dia menulis adegan tersebut sebagai fantasi liarnya terhadap permasalahan konflik agraria yang marak terjadi di Indonesia.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Angga Dwimas Sasongko (@anggasasongko)

3. Ernest Prakasa

Ernest Prakasa juga teringat adegan film Ben & Jody ketika membaca langsung berita kerangkeng manusia di rumah Bupati nonaktif Langkat.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.