Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ozzy Osbourne Terseret Kasus Penipuan karena Tautan CryptoBatz NFT

Kompas.com - 24/01/2022, 13:24 WIB
Baharudin Al Farisi,
Andika Aditia

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kesalahan yang menyeret nama Ozzy Osbourne mungkin telah merugikan banyak penggemarnya senilai ribuan dollar Amerika Serikat.

Kesepakatan CryptoBatz telah dipromosikan menggunakan tautan Discord, yang kemudian berganti dengan tautan yang kadaluwarsa.

Namun postingan media sosial resmi, termasuk tweet dari akun Osbourne sendiri, tidak menghapus referensi ke akun lama, yang terus dibagikan.

Penipu tak dikenal mengambil alih kepemilikan tautan lalu menggunakannya untuk mengarahkan orang ke akun mereka sendiri atau ke dompet cryptocurrency.

Baca juga: Lirik dan Chord Lagu Crazy Train - Ozzy Osbourne

The Verge melaporkan bahwa, pada 20 Januari, dompet yang terkait dengan penipuan telah menerima hampir 41.000 dollar AS yang kemudian ditransfer ke dompet lain yang berisi lebih dari 150.000 dollar AS.

Dilansir dari UCR, sekitar 1.300 orang ditipu dan informasi pribadinya tersebar.

Seorang penggunaan mengaku kehilangan 300 dollar AS hingga 400 dollar AS dari dompetnya setelah tanpa disadari memberikan akses kepada scammers.

"Saya telah melihat setidaknya selusin orang di Twitter menyuarakan masalah yang sama," tambahnya.

Baca juga: Lirik Lagu Hellraiser - Ozzy Osbourne feat. Lemmy Motörhead

“Jika Anda melihat transaksi di Etherscan, yang lain kehilangan lebih banyak dari saya," ucapnya lagi.

Seorang juru bicara Sutter Systems, yang mengembangkan CryptoBatz NFT, mengatakan kesalahan terletak pada platform komunikasi dan distribusi Discord karena membuatnya terlalu mudah untuk dipalsukan.

“Meskipun kami merasa sangat menyesal atas orang-orang yang menjadi korban penipuan ini, kami tidak dapat bertanggung jawab atas tindakan scammers yang mengeksploitasi Discord," ungkapnya.

Menurut mereka, masalah tersebut tidak akan terjadi apabila Discord memiliki tim respon yang lebih baik untuk membantu proyek besar sepertinya.

Baca juga: Keluar dari ICU, Ozzy Osbourne Mulai Bernapas Normal

Discord melaporkan bahwa tindakan sedang diambil dan telah dimulai setelah mereka mengetahui penipuan tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com