Kompas.com - 24/01/2022, 10:45 WIB
Pendiri band The Ventures Don Wilson meninggal dunia. Pendiri band The Ventures Don Wilson meninggal dunia.
Penulis Cynthia Lova
|

KOMPAS.com - Musisi Don Wilson meninggal dunia di usia 88 tahun.

Ia adalah salah satu pendiri dan gitaris The Ventures, band rock instrumental Amerika Serikat. 

Wilson meninggal di Tacoma, Washington pada Sabtu (22/1/2022). Saat meninggal dunia Wilson dikelilingi empat anaknya.

Dalam pernyataannya, salah satu anaknya menyatakan bahwa ayahnya adalah sosok pemain gitar ritme yang luar biasa. Ia menyebut bahwa Don bisa menyentuh orang di seluruh dunia dengan bandnya, The Ventures.

Baca juga: Profil Matthew White, Aktor Cilik Pemeran Hendrick di Film Danur yang Meninggal Dunia

“Dia akan memiliki tempatnya dalam sejarah selamanya dan sangat dicintai dan dihargai. Dia akan dirindukan," kata anaknya dalam sebuah pernyataan dikutip dari Billboard, Senin (24/1/2022).

Band The Ventures terkenal dengan lagunya berjudul "Walk, Don't Run" dan lagu tema untuk serial Hawaii Five-O.

Mereka dilantik ke dalam Rock and Roll Hall of Fame pada tahun 2008. Pada 1960-an dan awal 1970-an, 38 album band ini masuk chart di Amerika Serikat.

The Ventures memiliki 14 singel di Billboard Hot 100 dengan lebih dari 100 juta rekaman terjual. Ventures adalah band instrumental terlaris sepanjang masa.

Baca juga: Terungkap, Penyanyi Meat Loaf Meninggal Dunia karena Covid-19

Pendiri Ventures Bob Bogle dan Wilson awalnya adalah tukang batu ketika mereka membeli gitar dan buku chord di sebuah pegadaian di Tacoma pada tahun 1958.

Pada tahun berikutnya, mereka telah membentuk Ventures, menambahkan Nokie Edwards pada gitar bass dan Howie Johnson pada drum.

Johnson mengalami patah leher dalam kecelakaan mobil pada tahun 1961. Johnson meninggal pada tahun 1988. Skip Moore akhirnya ya memainkan drum di lagu "Walk Don't Run," dan Mel Taylor mengambil alih drum dan melengkapi lineup klasik, dengan Edwards pada gitar utama, di 1962.

Baca juga: Anak Regina King, Ian Alexander Jr, Meninggal Bunuh Diri

Band ini terus tampil melalui banyak perubahan lineup, tetapi Wilson adalah satu-satunya yang konstan. Dia tidak melewatkan tur sampai pensiun pada tahun 2015, menurut pernyataan keluarga.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber Billboard
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.