Kompas.com - 19/01/2022, 17:10 WIB

KOMPAS.com –  Film tentang mata-mata adalah salah satu subgenre film aksi yang populer. Selain menyaksikan para aktor idola saling adu jotos, penonton juga bisa menyimak konflik politik antarnegara.

Salah satu film tentang mata-mata paling menarik adalah yang mengangkat agen rahasia Uni Soviet atau kini menjadi Rusia. Pasalnya Rusia dikenal sebagai salah satu negara adidaya yang memiliki kepentingan dalam pengembangan nuklir, kontraterorisme, hingga eksplorasi luar angkasa.

Tak heran, banyak sekali film yang mengisahkan perselisihan antara Rusia dengan Amerika Serikat (AS) dan sekutunya dari kacamata para agen rahasia.

Dirangkum Kompas.com dari berbagai sumber, berikut adalah empat film tentang mata-mata Rusia yang patut ditonton.

1. Anna (2019)

Film yang disutradarai Luc Besson ini mengisahkan mata-mata dari Komitet Gosudarstvennoy Bezopasnosti (KGB) atau Komite Keamanan Negara Uni Soviet yang menyamar sebagai model bernama Anna Poliatova.

Baca juga: 5 Rekomendasi Drakor Tentang Agen Rahasia

Suatu hari, seorang agen Central Intelligence Agency (CIA) bernama Leonard Miller yang telah lama menyelidiki Anna menawarkan pekerjaan sebagai agen ganda.

Tugas Anna adalah membunuh salah satu petinggi KGB agar hubungan KGB dan CIA lebih mulus. Anna menerimanya dengan syarat dia segera dibebastugaskan dari dunia mata-mata dan mendapatkan perlindungan.

Berkat kemampuan membunuhnya, Anna berhasil mempertemukan petinggi KGB dengan Miller. Dengan ini, dia pun bisa melenggang bebas.

Namun, berbagai agen lain di sekitarnya yang berkonspirasi dengan KGB atau CIA menghadangnya. Film ini pun menyorot perjuangan Anna terbebas dari dua badan intelijen tersebut.

Noel Murray dari Los Angeles Times, Kamis (20/6/2019), menilai film Ini menampilkan beberapa adegan yang mencengangkan, salah satunya ketika Anna masuk ke restoran dengan memegang pistol lalu berjalan keluar setelah membunuh selusin penjahat.

Baca juga: 5 Alasan Wajib Nonton Film James Bond: No Time To Die

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.