Kompas.com - 19/01/2022, 16:48 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tiga calon Puteri Indonesia asal Bali, yakni Laksmi Deneefe Suardana, Natasha Valentine Trius, dan Jazmine Rowe menanti pengumuman pada 22 Januari 2022 untuk mewakili Bali dalam pemilihan tingkat nasional Maret 2022 mendatang.

Laksmi Deneefe Suardana memiliki visi misi untuk memperjuangkan edukasi bagi anak dan pemberdayaan perempuan.

Baca juga: Ganda Putri Indonesia Raih Medali Emas, Ari Lasso: Terima Kasih, Greysia Polii/Apriyani Rahayu 

"Bagi saya edukasi adalah nomor satu, karena itu saya berusaha membuat kampanye di media sosial bernama Break Even. Misi Break Even adalah breaking inequality through education and empowerment especially for girls," kata Laksmi dalam keterangan tertulis, Rabu (19/1/2022).

Perempuan kelahiran Ubud ini mengatakan, edukasi untuk perempuan dan keluarga berencana adalah solusi utama untuk melawan perubahan iklim di dunia.

Baca juga: Sejumlah Pencapaian Putri Indonesia di Ajang Miss Universe...

Menurut Laksmi, isu utama yang diangkat dalam Pemilihan Putri Indonesia 2022 adalah masalah edukasi.

Pandemi Covid-19 sangat merugikan anak sekolah dari sisi edukasi mereka.

Laksmi memiliki alasan lain mengapa mengambil bagian dalam konteks PPI 2022. Sebagai putri asli Bali, ia memiliki tanggung Jawa moral untuk berjuang demi Bali di masa pandemi Covid-19 ini.

Baca juga: 6 Fakta Frederika Cull, Putri Indonesia yang Tembus 10 Besar Miss Universe 2019

"Saya dibesarkan di Ubud dan saya sangat bersyukur dibesarkan di daerah yang budaya sangat kuat dan alamnya sangat subur juga memiliki komunitas indah," kata Laksmi.

Laksmi akan memberikan yang terbaik dalam ajang ini sebagai wujud terima kasih kepada Pulau Dewata dan keluarga besarnya di Ubud.

Laksmi  mengatakan, 3B (Beauty, Brain, dan Behavior) adalah kriteria Yayasan Putri Indonesia (YPI) dan panitia PPI dalam memilih putri-putri terbaiknya.

Baca juga: Putri Indonesia 2017 Bunga Jelitha Ibrani Tak Lagi Minder

Laksmi percaya diri dan optimistis memiliki kriteria tersebut dan beberapa pengalaman unik yang bisa menjadi referensi para juri memilihnya.

"Saya rasa, saya punya beberapa pengalaman hidup yang unik dan berharga yang menurut saya sebagai keunggulan saya," ujar dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.