Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harlan Boer Sebut Lagu January Christy Wajar Dinyanyikan Ulang oleh Danilla hingga Ardhito Pramono

Kompas.com - 17/01/2022, 22:07 WIB
Vincentius Mario,
Andi Muttya Keteng Pangerang

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada November 2021, Erwin Gutawa dan Ardhito Pramono merilis lagu kolaborasi berjudul "Masa-masa".

Lagu tersebut merupakan sebuah interpretasi ulang dari lagu ciptaan Erwin Gutawa yang dinyanyikan oleh mendiang January Christy pada 1987.

Setahun sebelumnya, penyanyi Danilla juga menyanyikan ulang lagu yang membesarkan nama January Christy berjudul "Melayang".

Baca juga: Christy, Lagu Andalan Album Unreleased Tracks From 1985 Karya Mendiang January Christy

Menurut musisi dan penulis lagu Harlan Boer, hal itu wajar karena karakter dan kemampuan January Christy yang tak lekang oleh zaman.

"Menurut saya, jadi sangat wajar saat karya January Christy dimainkan lagi oleh Danilla, Ardhito dan penyanyi muda lain. Karena memang begitu kuat karakter Christy sehingga di tiap era dia akan ditemukan," kata Harlan saat ditemui di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Senin (17/1/2022).

Dengan karakter yang kuat, January Christy akan mudah disukai oleh para musisi muda Tanah Air.

Baca juga: Album January Christy Dirilis, Afgan: Kita Belum Temukan Penggantinya

"Kalau karakternya sekuat itu, setiap ada penyanyi baru seperti Danilla dan Ardhito, mereka akan menggali dan mencari tahu. Ketika ketemu (karya) January, mungkin akan sangat menyukainya," ucap Harlan.

Karakter khas January Christy juga diakui oleh musisi Afgan.

Di genre jazz, bagi Afgan, belum ada penyanyi Tanah Air yang bisa menggantikan January Christy.

"January Christy adalah salah satu penyanyi wanita Indonesia yang memiliki karakter kuat. Sampai sekarang mungkin kita belum bisa menemukan penggantinya, especially di genre jazz," kata Afgan dikutip dari siaran pers.

Baca juga: Cerita Kedekatan Mendiang January Christy dan Harry Roesli di Balik Album Unreleased Tracks From 1985

Diketahui, penyanyi lawas January Christy meninggal dunia pada 16 September 2016, tetapi karya dan karakternya masih dikenang sampai saat ini.

Salah satu caranya, lagu January Christy yang belum sempat dirilis semasa hidupnya kini sudah bisa dinikmati lewat album Unreleased Tracks From 1985 mulai hari ini.

Album tersebut terdiri dari 12 lagu dan dipersembahkan oleh Prosounds Records, label January Christy selama ia masih hidup.

Album Unreleased Trecks From 1985 dipromosikan oleh Trinity Optima Production 2022 dalam bentuk digital dan vinyl (piringan hitam).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com