Kompas.com - 17/01/2022, 13:57 WIB

BEKASI, KOMPAS.com - Kondisi pengisi suara Abdul Hamid atau biasa dipanggil Pak Ogah semakin menurun usai dirawat selama lima hari di rumah sakit.

Harma, keponakan Pak Ogah menyebut kondisi Pak Ogah tak stabil, mulai dari merasakan sesak napas dan tak bisa tidur.

“Kondisinya semakin menurun. Kemarin saja tiba-tiba sesak napasnya terus malam enggak bisa tidur,” kata Harma saat ditemui di kediaman Pak Ogah kawasan Jatiasih, Bekasi, Jawa Barat, Senin (17/1/2022).

Harma mengatakan, padahal Pak Ogah sudah mendapatkan obat yang bagus untuk sakitnya. Namun, hanya saja kondisi Pak Ogah tak menunjukan progres bagus.

Baca juga: Pak Ogah Kembali Dirawat di RS, Tak Nafsu Makan hingga Berontak Ingin Pulang

“Malah makin memburuk,” ujar Harma lagi.

Harma mengakui, sampai saat ini Pak Ogah dijaga oleh dua orang lebih di rumah sakit. Pasalnya, kata Harma, Pak Ogah terkadang masih suka mengamuk lantaran penyakitnya, bahkan ingin pulang.

“Soalnya kalau lagi ngamuk kami enggak bisa nanganinnya, kadang dibantu sama suster, security. Kalau enggak dibantu suster sama security kewalahan yang jagainnya ini,” tutur Harma lagi.

Ini merupakan kali keempat Pak Ogah dilarikan ke rumah sakit sejak mengidap penyumbatan darah di otak dari setahun yang lalu.

Baca juga: Sudah Tiga Hari Dirawat, Kondisi Pak Ogah Sempat Drop dan Belum Diizinkan Pulang

Sebelumnya, saat ditemui di kediamannya di Jatiasih, Bekasi, Selasa (11/1/20212), Pak Ogah hanya terbaring di tempat tidurnya.

Menurut penjelasan Yuyun, sudah beberapa hari terakhir ini Pak Ogah mogok makan meskipun sudah disediakan makanan favoritnya.

Yuyun mengatakan, kondisi suaminya mulai lebih sering melantur dan sudah tak lagi nyambung apabila diajak berbicara.

Baca juga: Kesehatan Menurun, Pak Ogah Kembali Dirawat di Rumah Sakit

Selain penyumbatan darah di otak, Pak Ogah juga mengidap penyakit maag, darah tinggi, dan terdeteksi batu ginjal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.