Kompas.com - 13/01/2022, 19:21 WIB
|
Editor Kistyarini

JAKARTA, KOMPAS.com - Tahun lalu Edho Zell mengumumkan pensiun dari YouTube, padahal ia merupakan salah satu generasi pertama seorang YouTuber.

Disinggung adakah niatan untuk kembali lagi menjadi YouTuber, Edho Zell menjawab demikian.

“Aku sih belum (kembali ke YouTube), ya (tapi) kemungkinan juga. Apapun yang bisa membawa dampak untuk anak-anak muda ya saya kerjain,” kata Edho Zell saat ditemui di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (13/1/2022).

Baca juga: Berangkat dari Keresahan, Alasan Edho Zell Buat Sekolah Esport

Edho Zell mengatakan dia meninggalkan YouTube karena merasa panggilan untuk berkarya di situ sudah tidak ada.

“Karena memang bukan ngerasa panggilannya lagi (di YouTube). Saya merasa hidup ya untuk panggilan saya saja,” ungkap Edho.

“Kalau memang sudah enggak terpanggil di YouTube, ya yang lain,” tambahnya.

Saat ini Edho Zell diketahui memanfaatkan media sosial TikTok.

Baca juga: Tinggalkan YouTube, Edho Zell: Secara Idealisme Saya Tidak Terlalu Menikmati

“TikTok kan enggak ada adsense ya, tapi saya senangnya panggilan hidup saya untuk berdampak buat anak muda,” tutur Edho.

“Saya coba cari tahu yang anak muda senang itu apa, Esport, ya saya terjun ke sana. Oh Tiktok ya saya terjun ke sana. Jadi ya menjalani panggilan aja dalam hidup,” ucap Edho menambahkan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.