Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah China Blokir Akun Media Sosial B.I Eks iKON, Kenapa?

Kompas.com - 11/01/2022, 09:25 WIB
Rintan Puspita Sari

Penulis

KOMPAS.com- Akun media sosial bintang pop Korea Selatan, Kim Han Bin, atau dikenal sebagai B.I di China diblokir oleh pemerintah China.

Media sosial B.I di China yang diblokir seperti Sina Weibo, Xiaohongshu dan Douyin.

Pemblokiran ini terjadi usai kecaman yang muncul dari netizen China terhadap mantan anggota iKON itu karena riwayat penyalahgunaan narkoba yang pernah menjeratnya.

Seperti diketahui, B.I dijatuhi hukuman percobaan tiga tahun penjara dan empat tahun masa percobaan untuk penggunaan narkoba ilegal pada September 2021.

Baca juga: Aturan Ketat Pemerintah China Disebut Akan Berdampak pada Idol Kpop, Ini Sebabnya

Banyak netizen menemukan, Hanbin telah mengunggah beberapa foto di akun Sina Weibo-nya yang dibuka pada Mei 2021, setelah hukuman itu diterbitkan.

Hanbin juga terus membuat akun di media sosial China lainnya. Seperti Douyin, Tiktok versi China, dan aplikasi gaya hidup China Xiaohongshu pada hari pertama tahun 2022.

Bukan itu saja, Hanbin juga mengumumkan di Sina Weibo, mengatakan bahwa dia akan sering memperbarui konten di platform tersebut.

"Ayo berhubungan lebih banyak di tahun baru," tulis bintang itu yang menarik perhatian banyak netizen.

Baca juga: Menyusul Skandal Kris Wu, Pemerintah China Perketat Aturan Memuja Idol

Mereka yang tahu skandal Hanbin di Korea Selatan, mempertanyakan apakah Hanbin harus diizinkan untuk aktif di platform media sosial China sebagai penghibur dengan sejarah pelanggaran di Korea Selatan.

"Dari mana pun penghibur berasal, mereka harus mematuhi hukum dan peraturan sosial, yang merupakan garis bawah," kata seorang penggemar bernama Feng, dikutip dari Global Times.

"Bagi mereka yang telah melanggar hukum dan terjebak dalam skandal, platform tidak boleh membiarkan mereka berbicara di depan publik tanpa hukuman apa pun," imbuh mantan penggemar iKON China.

Akhirnya pada Rabu pekan lalu, akun media sosial B.I, termasuk yang ada di Sina Weibo dan Douyin, telah diblokir dan semua konten di akun Xiaohongshu telah dihapus.

Baca juga: Pemerintah China Hapus Semua Konten dan Media Sosial Vicki Zhao, Kenapa?

Untuk diketahui, setiap selebriti yang terlibat dalam penyalahgunaan narkoba telah diboikot di China.

Penampilan penyanyi China, Li Daimo di Provinsi Anhui Tiongkok Timur, dibatalkan pada Oktober 2021 karena perannya dalam skandal narkoba pada 2014.

Pihak berwenang Bengbu, di Provinsi Anhui, diberitahu bahwa Li, yang terlibat dalam transaksi narkoba, akan tampil di bar lokal.

Para penyelidik tiba di tempat acara dengan segera dan memerintahkan bar untuk menghentikan pertunjukan, lapor Xin'an Evening Paper.

Pembatalan penampilan Li terjadi setelah penyanyi folk lainnya, Song Dongye, memiliki pengalaman serupa.

Tidak itu saja, aktor kelahiran Taiwan Kai Ko telah diboikot oleh netizen China saat ia ditangkap pada tahun 2014 di Beijing karena menggunakan narkoba.

"Selebriti yang menggunakan narkoba harus secara permanen dilarang dari pandangan publik," kata seorang netizen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com