Kompas.com - 10/01/2022, 16:00 WIB
Piala Penghargaan Golden Globe. https://www.goldenglobes.com/Piala Penghargaan Golden Globe.

KOMPAS.comGolden Globes 2022 dilaksanakan pada 9 Januari 2022 pukul 18.00 Waktu Pasifik (PT).

Namun, berbeda dengan pelaksanaan sebelumnya, Golden Globes 2022 tidak dihadiri para aktor dan aktris. Pelaksanannya juga tidak disiarkan melalui tayangan televisi.

Variety pada Selasa (4/1/2022) menulis, pihak Golden Globes merasa kesulitan untuk mem-booking para aktor dan aktris. Mereka bahkan tidak bisa menemukan presenter tepat untuk membawakan acara.

Karena tidak adanya bintang film atau televisi yang hadir, pihak penyelenggara pun tidak menyediakan red carpet atau karpet merah untuk para tamu undangan.

Baca juga: Masuk Nominasi, Aktor Squid Game Ini Pastikan Tak Hadiri Golden Globes

Hal itu terjadi akibat adanya isu boikot Golden Globes yang menguak ke permukaan beberapa waktu lalu. Isu ini bahkan sempat disorot sejumlah selebriti papan atas dunia, sebut saja Tom Cruise dan Scarlett Johansson.

Lantas, apa yang melatarbelakangi adanya gerakan boikot Golden Globes?

Gerakan boikot tersebut bermula dari laporan Los Angeles Times, Kamis (21/2/2021) yang menyatakan, badan voting utama yang menaungi pelaksanaan Golden Globes, Hollywood Foreign Press Association (HFPA), telah rasis terhadap para aktor kulit hitam.

Dalam laporan itu disebutkan, badan voting HFPA tidak memiliki anggota kulit hitam sama sekali.

Baca juga: Golden Globes 2022 Bakal Digelar Tanpa Karpet Merah, Apa Sebabnya?

Los Angeles Times juga menyebutkan bahwa HPFA melakukan “korupsi kebudayaan” dengan menjual suara pada studio atau produser yang ingin film atau serial televisinya dimenangkan atau masuk nominasi.

Salah satu contoh kasus suap yang terungkap dilakukan produser serial Netflix, Emily in Paris (2020). Pihak produser menyuap sebanyak 30 pemilih dengan memberikan mereka liburan mewah ke Paris.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.