Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sinopsis The Book of Fish, Sajikan Sinematografi Hitam Putih pada Era Dinasti Korea

Kompas.com - 10/01/2022, 12:37 WIB
Amanda Abdillah Suhaimah Safandi Putro ,
Biru Cahya Imanda

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Film sejarah yang mengusung konsep hitam-putih, The Book of Fish, kini dapat Anda saksikan di platform streaming KlikFilm.

Karya sutradara Lee Joon Ik yang berkolaborasi dengan penulis naskah Kim Se Gyeom ini mengambil latar waktu pada era Joseon tahun 1801.

Lee Joon Ik dikenal sebagai master period films di Korea Selatan lewat berbagai film hitnya seperti King and the Clown (2005) dan The Throne (2015) .

Baca juga: Rekomendasi Film Korea Bertema Psycological Thriller Terbaik

Film The Book of Fish dibintangi aktor dan aktris ternama Korea Selatan seperti Sol Kyung Gu, Byun Yo Han, Lee Jung Eun, Min Do Hee, Cha Soon Bae, Kang Ki Young, Jung Jin Young, Kim Eui Sung, dan Ryu Seung Ryeong.

Kisahnya mengikuti tokoh bernama Jeong Yak Jeon (Sol Kyung Gu), saudara dari salah satu cendekiawan pada era Joseon 1392-1910, Jeok Yak Yong.

Nama Jeong Yak Jeon mulai terlupakan di kalangan masyarakat Korea sekarang jika dibandingkan dengan adiknya yang telah menerbitkan setumpuk buku tentang filsafat, sains, dan teori pemerintahan.

Baca juga: Sinopsis The Con Artist, Film Drama Kriminal Kim Woo Bin

The Book of Fish dimulai dengan kisah Yak Jeon yang dikirim ke pengasingan setelah penganiayaan yang dipimpin pengadilan terhadap umat Katolik pada tahun 1801.

Ia ditahan di pulau barat daya Heuksan sebagai penjahat yang didakwa dengan pengkhianatan.

Di sana, Yak Jeon merasa terkesan oleh seorang nelayan muda bernama Chang Dae (Byun Yo Han), yang memiliki pengetahuan mendalam tentang ikan, kerang, dan rumput laut di perairan sekitar pulau.

Baca juga: Sinopsis Space Sweepers, Film Terbaru Song Joong Ki Bertema Luar Angkasa

Kedua pria tersebut pun saling bertukar pengetahuan dan keahlian masing-masing.

Hal tersebut akhirnya memperluas pengalaman dan perspektif mereka selama masa kritis abad ke-19 ketika Joseon berada di ambang pergolakan sejarah.

Berdasarkan pengamatan dan penelitiannya di pulau itu, Yak Jeon mulai menulis buku panduan pragmatis tentang ikan.

Ia juga mencatat daftar nama, bentuk, dan penggunaan biota laut bagi masyarakat kelas bawah yang mencari nafkah dengan mengandalkan laut.

Baca juga: Sinopsis Sinkhole, Kisah Penghuni Apartemen yang Terjebak Ratusan Meter di Bawah Tanah

Namun, pikiran progresifnya yang bebas Konfusianisme sering berbenturan dengan Chang Dae yang menganut nilai-nilai Konfusianisme selama berabad-abad dan menolak pemikiran Barat.

Lantas, bagaimana kelanjutan kisah antara Yak Jeon dan Chang Dae?

Tonton kisahnya hanya dalam film The Book of Fish yang tayang di KlikFilm.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com