Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kaleidoskop 2021: 6 Artis yang Berurusan dengan Kasus Hukum Sepanjang Tahun Ini

Kompas.com - 29/12/2021, 11:02 WIB
Baharudin Al Farisi,
Andi Muttya Keteng Pangerang

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepanjang 2021, tidak sedikit pesohor dunia hiburan Tanah Air berurusan dengan kasus hukum.

Kasus-kasus tersebut mulai dari dugaan pencemaran nama baik, ancaman disertai kekerasan melalui media elektronik, hingga akses ilegal.

Ini bukan mengenai terjerat kasus narkoba, tetapi artis yang dilaporkan ke polisi. Simak selengkapnya:

Baca juga: Kaleidoskop 2021: 10 Drama Korea Viral di Tahun 2021

1. Rachel Vennya

Pada Oktober 2021, selebgram Rachel Vennya terkonfirmasi kabur dari Wisma Atlet Pademangan, Jakarta Utara, setelah pulang dari Amerika Serikat bersama kekasihnya, Salim Nauderer.

Kaburnya Rachel Vennya, Salim Nauderer, dan manajer Maulida Khairunnisa, dibantu oleh dua oknum TNI berinisial FS dan IG yang bertugas di Bandara Soekarno-Hatta dan Wisma Atlet.

Setelah menjalani serangkaian proses penyelidikan dan penyidikan, polisi menetapkan ketiganya sebagai tersangka kasus kabur dari karantina pada 3 September 2021.

Sementara itu, Rachel Vennya, Salim Nauderer, dan Maulida Khairunnisa tidak ditahan dan tidak dikenakan wajib lapor meskipun statusnya sebagai tersangka.

Baca juga: Kaleidoskop 2021: 10 Lagu Viral Sepanjang Tahun 2021

Pada 10 Desember 2021, mereka menjalani sidang perdana di Pengadilan Negeri (PN) Tangerang, Kota Tangerang, Banten.

Menurut fakta persidangan, Rachel Vennya membayar sejumlah uang senilai Rp 40 juta untuk kabur dari karantina Wisma Atlet.

Pada hari yang sama, mantan istri Niko Al Hakim alias Okin itu dituntut empat bulan penjara. Sedangkan, majelis hakim mengabulkan tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU).

Hanya saja, empat bulan penjara itu adalah masa percobaan dan mereka tidak ditahan karena dinilai bersikap sopan selama persidangan.

Baca juga: Kaleidoskop 2021: Artis Indonesia yang Harumkan Nama Bangsa di Kancah Internasional Sepanjang 2021

2. Jerinx SID

Blogger Adam Deni melaporkan penabuh drum grup musik Superman is Dead (SID), Jerinx, ke Polda Metro Jaya terkait kasus dugaan perbuatan disertai ancaman kekerasan melalui media elektronik pada 10 Juli 2021.

Semua itu berawal ketika Adam Deni beberapa kali berkomentar di akun Instagram Jerinx. Dia meminta bukti daftar artis Tanah Air yang menerima endorse untuk mengaku positif Covid-19.

Pada Jumat, 2 Juli 2021, akun Instagram Jerinx mendadak hilang. Istrinya, Nora Alexandra, mengumumkan akun @jrxsid terkena banned atau dinonaktifkan oleh Instagram.

Baca juga: Kaleidoskop 2021: 13 Artis Ditangkap karena Narkoba, dari Nia Ramadhani hingga Rizky Nazar

Berangkat dari sepengetahuannya bahwa Adam Deni memiliki ilmu dasar Information Technology (IT) dan sempat berkomentar, Jerinx menuduh pria kelahiran Desember 1995 itu sebagai dalang di balik akun @jrxsid yang mendadak hilang.

Melalui sambungan telepon yang telah ia rekam, Adam Deni mengaku dihina, dimaki-maki, hingga menerima ancaman dari Jerinx.

Setelab itu  Jerinx kembali menelepon untuk meminta maaf atas makian yang ia lontarkan kepada Adam Deni.

Setelah berkonsultasi dengan kuasa hukumnya, Machi Achmad, Adam Deni akhirnya menghubungi Nora Alexandra dengan maksud ingin berdamai dengan Jerinx.

Baca juga: Kaleidoskop 2021: 16 Pasangan Artis yang Bercerai Sepanjang Tahun Ini

Permintaan tersebut rupanya tidak diindahkan oleh Jerinx. Adam Deni mengaku kembali mendapatkan makian hingga direndahkan.

Oleh karena itu, Adam Deni memilih melaporkan Jerinx ke polisi.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com