Di Film Menggapai Matahari, Rhoma Irama Angkat Cerita Perseteruan Besar antara Musisi Rock dan Dangdut

Kompas.com - 27/12/2021, 21:08 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Menggapai Matahari adalah film Indonesia yang diproduksi pada tahun 1986 dan disutradarai Wahab Abdi.

Film tersebut dibintangi aktor ternama Tanah Air saat itu, seperti Ikang Fawzi hingga Rhoma Irama.

Dalam film tersebut, Ikang berperan sebagai Benny Compo, seorang penyanyi yang bertekad menenggelamkan musik dangdut Rhoma Irama dengan membawakan lagu-lagu rock dan menebarkan budaya asing.

Cerita film tersebut benar-benar diangkat dari kisah nyata. Saat itu, di era 1970-an, ada perseteruan antara musisi bergenre rock dan dangdut di Tanah Air.

Baca juga: Rhoma Irama Ungkap Pengalaman Dihujani Batu Saat Manggung

“Itu yang kami kisahkan di film Menggapai Matahari. Itu true story. Yang ada scene gue disambit, itu benar. Itu kejadian di Bandung,” kata Rhoma Irama dikutip dari kanal YouTube Rhoma Irama Official, Senin (27/12/2021).

“Saat itu, jadi kalau rock main, dilempari batu. Dangdut main dilempari batu. Karena adanya ucapan yang enggak etis,” lanjut Rhoma.

Konflik antara musik rock dengan dangdut, menurut Rhoma, berawal saat gitaris Giant Step, Benny Soebardja, melontarkan kata kasar untuk musik dangdut.

Pernyataan itu kemudian dimuat dalam majalah Aktuil. Padahal, dangdut saat itu sedang di puncak popularitasnya sebagai musik rakyat.

Baca juga: Rhoma Irama Cerita Konflik Besar yang Pernah Terjadi antara Musik Dangdut dan Rock

Sebagai pedangdut, Rhoma Irama pun tidak senang mendengarkan pernyataan Benny. Rhoma pun membalas dengan mengatakan musik rock adalah “terompet setan”.

“Saat itu kami mengerti, mungkin strategi dagang sebuah majalah. Namanya Aktuil. Strategi dagang ini gimana heboh, supaya majalahnya laku, dibuatlah itu,” ujar Rhoma.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.