Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Snowdrop Kena Petisi, Para Sponsor Mulai Menarik Diri

Kompas.com - 21/12/2021, 11:47 WIB
Melvina Tionardus,
Andika Aditia

Tim Redaksi

Sumber Koreaboo

JAKARTA, KOMPAS.com - Drama Snowdrop yang baru mulai tayang 18 Desember, kembali dikecam sebagian warga Korea Selatan dan mendapat petisi agar penayangannya diberhentikan.

Menyusul munculnya kontroversi itu, sejumlah sponsor mulai menarik diri atas dukungan mereka untuk drama yang dibintangi Jung Hae In dan Jisoo BLACKPINK itu.

Melansir Koreaboo, P&J Group mengumumkan keputusan mereka untuk membatalkan dukungan mereka setelah pemutaran perdana Snowdrop.

CEO perusahaan secara pribadi merilis pernyataan melalui media Hankyung yang merinci keputusan akhir mereka untuk membatalkan sponsor.

Baca juga: Snowdrop Baru Tayang 2 Episode, Petisi Penghentian Capai 200.000 Tanda Tangan

Mereka mengaku bahwa perusahaan tidak mengetahui konten Snowdrop saat mereka melakukan investasi awal.

Namun, setelah melihat dua episode pertama, CEO Grup P&J segera menghubungi perusahaan produksi dengan keinginannya untuk menghapus sponsor mereka, serta permintaan mereka untuk menghapus konten mereka sebelumnya dari episode yang sudah ditayangkan.

P&J Group adalah salah satu sponsor produser terbesar Snowdrop.

Kemungkinan masih ada dua perusahaan sponsor yang tersisa. Banyak situs media Korea memperkirakan bahwa drama ini mungkin menderita secara eksponensial setelah pembatalan P&J Group.

Baca juga: Jisoo Bintangi Snowdrop, Personel BLACKPINK Lain Tunjukkan Cinta dan Dukungan

Merek makanan organik, Ssarijai juga baru-baru ini mengajukan penarikan mereka menyusul reaksi keras dari netizen Korea terhadap drama yang tayang di JTBC itu.

Ssarijai mengunggah permintaan maaf resmi di situs mereka, meminta maaf karena mensponsori Snowdrop.

Perwakilan perusahaan berbagi bahwa mereka mengharapkan sponsor menjadi “promosi kue beras sederhana” tetapi setelah mengetahui tentang distorsi sejarah, mereka menghubungi perusahaan produksi untuk segera menarik sponsor mereka.

Ketiga, merek fesyen GANISONG menyampaikan permintaan maaf resmi kepada netizen yang terluka oleh distorsi sejarah.

Baca juga: Cerita Sutradara Snowdrop Kepincut Jisoo BLACKPINK Saat Casting

Perwakilan GANISONG menyatakan, mereka tidak pernah diberitahu tentang sinopsis naskah sebelumnya pada saat permintaan sponsorship.

GANISONG juga menghubungi tim produksi Snowdrop untuk menarik iklan mereka di episode yang akan datang, sekaligus meminta mereka untuk menghapus semua konten iklan terkait dari episode sebelumnya.

Merek teh TEAZEN, merek tembikar Dopyeongyo, Dyson, Downy, perusahaan kasur SONO SEASON dan Hans Electronics juga memperpanjang daftar pembatalan sponsor setelah pemutaran perdana Snowdrop.

Baca juga: Ditatap Jisoo BLACKPINK Saat Pemotretan Snowdrop, Jung Hae In Tersipu Malu

Merek furnitur Heungil Furniture adalah perusahaan pertama yang mundur dari perjanjian sponsor, pada bulan Maret, ketika Snowdrop pertama kali kena petisi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Koreaboo
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com