Kompas.com - 16/12/2021, 18:33 WIB
Penulis Cynthia Lova
|
Editor Kistyarini

JAKARTA, KOMPAS.com - Aktor Vino G Bastian mengatakan berperan sebagai Buya Hamka seperti sebuah perjalanan spiritual.

Sebagaimana diketahui, Buya Hamka adalah seorang ulama pembaharu Islam di Minangkabau.

Tak hanya ulama, Buya Hamka juga merupakan seorang sastrawan, sejarawan, dan politikus yang dihormati.

“Memang berapa kali memerankan kisah nyata. Tapi buat saya pribadi film ini seperti perjalanan spiritual. Ketika saya bertemu Fajar (sutradara) pertama kali, Fajar langsung memberikan buku Akhlaqul Karimah (karya Buya Hamka). Nah buku itu sangat berarti,” ujar Vino dalm jumpa pers virtual, Kamis (16/12/2021).

Baca juga: Fajar Bustomi Ungkap Film Buya Hamka Bakal Tayang Tahun 2022

Vino sangat menyukai buku karya Buya Hamka tersebut. Dia bahkan membacanya berulang kali.

Dari buku itu, ia seperti diajarkan lebih dalam tentang agama Islam.

“Saya (baca) buku itu 3 kali karena buat saya itu jadi sebuah panduan Buya Hamka mengajarkan agama tapi dengan cara yang sangat mudah. Dengan cara yang sangat simpel. Kita enggak perlu berpikir panjang,” kata Vino.

Baca juga: Vino G Bastian Ungkap Kedekatan Ayahnya dengan Buya Hamka

“Dia mengajarkan mulailah segala sesuatu dengan mudah, dengan yang dekat, dengan yang gampang karena Islam itu memudahkan. Tapi jangan dimudah-mudahkan,” lanjut Vino.

Setelah belajar bagaimana sosok Buya Hamka, ia pun mengaplikasikannya ketika syuting sesuai ajaran dari sutradara Fajar Bustomi.

Dalam film ini, Vino pun tak melakukan banyak improvisasi karena semua dialog harus sesuai dengan ucapan Buya Hamka semasa hidupnya.

Baca juga: Kaget Dipilih Perankan Buya Hamka, Vino G Bastian: Seperti Sudah Jalan Tuhan

“Saya tidak boleh mengeluarkan improvisasi suatu dialog atau apa pun yang pernah diucapkan oleh seorang Buya. Ketika di film ini kita buat yang dialami Buya,” ujar Vino.

“Jadi memang sangat hati-hati sekali sih. Jangan sampai terjebak mendramatisasi tapi lupa dengan faktanya. Satu pengalaman sporitual bukan hanya sebagai pemain film tapi sebagai manusia mbak,” tutur Vino G Bastian.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.