Kompas.com - 08/12/2021, 14:43 WIB
Ade Rai di acara Tonight Show YouTube TonightShowNetAde Rai di acara Tonight Show

JAKARTA, KOMPAS.com - Selepas menyabet medali perak pada kompetisi Pekan Olahraga Nasional (PON) 1993 dan mendapatkan hadiah Rp 5 juta, binaragawan Ade Rai memutuskan untuk ke Amerika Serikat.

Dari Rp 5 juta tersebut, Ade Rai hanya mendapat 3.000 hingga 4.000 dollar AS karena 1 dollar AS pada saat itu setara dengan Rp 1.000.

"Nah, 600 dollar AS saya belikan tiket ke Amerika. Sisanya uang itu, saya simpan buat hidup saya di Amerika selama 6 bulan di Virginia, Washington DC," ujar Ade Rai seperti dikutip Kompas.com dari kanal YouTube TonightShowNet, Rabu (8/12/2021).

Baca juga: Juara SEA Games 1997, Ade Rai Cuma Dapat Asuransi Senilai Rp 25 Juta

Di sana, Ade Rai mengaku tidak bayar tempat tinggal karena dia menumpang dengan salah satu teman yang sedang menimba ilmu di AS.

Selama enam bulan, hampir setiap harinya Ade Rai pergi latihan di sebuah tempat. Tak lupa, dia juga ke salah satu toko buku.

Bukan untuk membeli, pemilik nama lahir I Gusti Agung Rai Kusuma Yudha justru membaca dan mencatat semua buku yang dia perlukan.

Baca juga: Kenapa Binaragawan Badan Besar tapi Kaki Kecil? Ade Rai Jawab Begini

"Saya latihan, saya tiap hari latihan aja," kata Ade Rai sambil tertawa menceritakannya.

Setelah enam bulan berlatih dan menimba ilmu ala kadarnya, berat Ade Rai turun 15 kilogram karena ia irit selama di Amerika.

Walau begitu, Ade Rai tetap senang karena ia jadi mempunyai banyak ilmu dan kemudian mempraktikkan semuanya.

"Juni 1994 (pulang dan) saya pelajari semuanya apa yang saya dapat dari buku itu, saya praktikkan di Indonesia. Bulan Desember 1994, saya juara nasional," ujar Ade Rai yang disambut tepuk tangan.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.