Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Binaragawan Badan Besar tapi Kaki Kecil? Ade Rai Jawab Begini

Kompas.com - 08/12/2021, 12:21 WIB
Baharudin Al Farisi,
Novianti Setuningsih

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ade Rai menjawab pertanyaan banyak orang yang merasa kebingungan melihat Binaragawan yang memiliki badan besar tetapi kakinya kecil.

Tidak sedikit orang menilai hal itu dengan sebutan chicken leg.

Ade Rai tidak menampiknya. Bahkan, ia dulu memang terlihat seperti itu.

"Kalau dulu mungkin begitu (badan besar namun kaki kecil). Tapi kan pelan-pelan lama-lama kita latihan kaki," ujar Ade Rai seperti dikutip Kompas.com dari kanal YouTube TonightShowNet, Rabu (8/12/2021).

Baca juga: Ade Rai Bagikan Tips Diet Sehat, Menjaga Berat Badan dan Kesehatan Sehari-hari

"Karena kaki kan otot yang paling tidak menarik, enggak kelihatan," ungkap Ade Rai soal alasan binaragawan tak besarkan kaki.

Pemilik nama lahir I Gusti Agung Rai Kusuma Yudha itu juga menjawab pertanyaan mengenai apa saja yang menjadi penilaian juri dalam setiap kejuaraan binaraga.

Ade Rai mengungkapkan, juri kompetisi binaraga menilai dari aspek keseimbangan atau symmetrical keseluruhan dari badan binaragawan.

"Kedua, proporsional. Artinya harus sesuai dengan proporsinya. Ketiga, conditioning. Artinya, badannya kering atau enggak, ototnya kelihatan atau enggak, itu biasanya body fat-nya rendah," ungkap Ade Rai.

Baca juga: Ade Rai Bagikan Diet Sehat yang Dijalaninya, Masih Konsumsi 40 Telur Sehari

Keempat, kata Ade Rai, adalah presentation, di mana binaragawan harus berpose di depan juri binaraga.

"Ada yang disebut seven mandatory poses atau tujuh pose wajib yang kita harus lakukan. Tujuannya, juri bisa melihat siapa yang badannya lebih bagus. Jadi dari depan, dari samping, dari belakang," kata Ade Rai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com