Kompas.com - 07/12/2021, 18:17 WIB
Duo personel Joan, (dari kiri ke kanan) Alan Thomas dan Steven Rutherford dalam konferensi pers virtual perilisan EP Hi dan Bye, Selasa (7/12/2021). KOMPAS.com/VINCENTIUS MARIODuo personel Joan, (dari kiri ke kanan) Alan Thomas dan Steven Rutherford dalam konferensi pers virtual perilisan EP Hi dan Bye, Selasa (7/12/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com – Duo musisi asal Arkansas, Joan, merilis EP (album mini) berjudul “Hi” dan “Bye”.

EP “Hi” dan “Bye” merupakan susulan dari “cloudy/partly cloudy”, yang telah dirilis tahun lalu.

EP ini telah ditonton lebih dari 90 juta kali dengan lebih dari 1 juta pendengar selama sebulan di seluruh platform streaming.

Baca juga: 10 Album Musik Terbaik 2021 Versi TIME

Dalam prosesnya, duo yang terdiri dari Alan Thomas dan Steven Rutherford ini mengangkat kisah pasang surut dalam hubungan asmara.

“Di EP ini, kami ingin membuat sesuatu yang manis, cerita tentang pasangan yang selalu serasi dan kadang dihadapkan suatu permasalahan. Kita tahu kita sering mengalami pasang surut dalam hubungan, hubungan cinta, keluarga, dan orang terdekat lainnya,” kata Alan dalam konferensi pers virtual, Selasa (7/12/2021).

Baca juga: Marsha Timothy dan Reza Rahadian Nyaman Bangun Chemistry dalam Video Musik Lagu Patah

“Kami ingin membuatnya relevan dalam musik. Kami yakin musik ini menyajikan berbagai kemungkinan untuk diinterpretasi atau dinikmati dengan cara-cara kamu sendiri,” lanjutnya.

Hal tersebut juga dibenarkan oleh Steven.

Menurut Steven, ada beberapa perbedaan mendasar yang disajikan dalam EP Joan, meski topik yang mereka angkat sudah banyak dibahas oleh musisi lainnya.

Baca juga: Joko in Berlin dan Shyclops Bawa Nuansa Musik Elektronik dalam Lagu Overthinking

“Kami berharap semua orang bisa merasakan cara mengatasi suatu masalah dalam hubungan. Kami tahu ada banyak lagu yang membahas hal demikian, namun kami ingin membuat sedikit perbedaan bahwa hal-hal itu sangat wajar adanya,” ungkap Steven.

Selama prosesnya, Alan dan Steven sering menimba inspirasi dari para musisi legendaris yang hidup pada era 1990-an.

Baca juga: Meninggal Dunia, Ini Profil dan Perjalanan Musik Idang Rasjidi

“Kami mulai dengan ide. Michael Jackson, Bob Seger, mereka membuat kami senang dengan musik. Bahkan kami sempat berpikir akan kembali ke era 1990-an,” tutur Alan.

EP “Hi” dan “Bye” dirilis di bawah label Virgin Music dan sudah bisa dinikmati di berbagai platform streaming musik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.