Kompas.com - 07/12/2021, 16:52 WIB
Penyanyi Kunto Aji saat berbincang dengan Daniel Mananta YouTube Daniel Mananta NetworkPenyanyi Kunto Aji saat berbincang dengan Daniel Mananta

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi Kunto Aji menjadi bintang tamu di kanal YouTube Daniel Mananta.

Berkali-kali mendapat penghargaan tak membuat Kunto Aji merasa terimintidasi untuk kembali berkarya dan merilis album ketiganya .

Kunto Aji mengatakan, ia tak berekspektasi untuk mendapat penghargaan di tiap karya yang dibuatnya.

“Alhamdullilah enggak sih (enggak terintimidasi) karena ada bahasanya katanya sophomore syndrome itu,” ujar Kunto Aji, dikutip Kompas.com, Selasa (7/12/2021).

Baca juga: Kunto Aji soal Album Mantra Mantra, Bukan Obat tapi Menguatkan

Kunto Aji mengatakan, ia pernah mengalami sophomore syndrome ketika hendak membuat album kedua, Mantra Mantra.

Setelah merilis “Terlalu Lama Sendiri” ada keinginan Kunto Aji untuk mendapatkan penghargaan lebih banyak di album selanjutnya.

Sophomore syndrome di album kedua setelah album pertama gue rasain ‘Terlalu Lama Sendiri’ ke album ini, kayak gue kayak harus naik kelas,” kata Kunto Aji.

“Naik kelas itu apa ya, naik ke mana ya. Itu pertanyaan-pertanyaan yang sudah berkutat, sudah gue diskusikan dengan diri gue sendiri,” lanjutnya.

Setelah berkutat dengan pikirannya, Kunto Aji memilih untuk memulai dari nol ketika hendak membuat karya atau lagu baru.

“Paling baik adalah ketika gue di titik nol lagi seperti gue menemukan ‘Terlalu Lama Sendiri',” tutur Kunto Aji.

Baca juga: Kunto Aji Bersyukur Album Mantra Mantra Bisa Mencegah Tindakan Bunuh Diri

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.