Kompas.com - 07/12/2021, 15:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Aktris Maudy Ayunda berbincang dengan YouTuber Jerome Polin Sijabat yang terkenal jago matematika dan kuliah di Waseda University, Jepang.

Maudy lalu mengungkapkan pendapatnya tentang hal yang harus dikoreksi dari pendidikan di Indonesia, setelah mendapat pertanyaan dari salah satu netizen.

Ia menuturkan, di Indonesia masih kurang budaya cinta belajar dibanding negara-negara lain yang pernah ia ketahui soal pendidikannya.

Baca juga: Kesan Pertama Bertemu Maudy Ayunda, Jerome Polin: Auranya Beda

"Itu adalah, kurangnya budaya cinta belajar. Budaya yang benar-benar melihat belajar, finding knowledge itu sepenting itu dan bisa menyenangkan," kata Maudy Ayunda, dikutip dari YouTube Nihongo Mantappu.

Maudy lalu menambahkan, pernah membaca buku perihal pendidikan di Finlandia.

"Rata-rata anak muda (Finlandia) itu, check out dua buku dari perpustakaan. Itu datanya yang di perpustakaan. Belum yang mereka beli sendiri, mereka punya di rumah," ungkap Maudy.

Baca juga: Maudy Ayunda Heran dengan Sikap Jerome Polin Saat Pertama Bertemu

"Jadi di sana tanpa disuruh, ada rasa ingin tahu, keinginan untuk bertanya. Mencari informasi itu datang dengan sendirinya dan itu kan pasti dari budaya, turun-menurun," lanjut Maudy.

Maudy menambahkan, jika sistem kehidupan seperti itu bisa dibangun, maka anak-anak akan terbiasa punya keinginan intrinsik dan menikmati waktu belajar.

Baca juga: Saat Jerome Polin Salah Tingkah Ditatap Maudy Ayunda

Ia memberi contoh dirinya dan Jerome.

Maudy mengaku ia tidak merasa jenius, hanya saja suka belajar.

Sementara itu, sebelumnya Jerome mengungkapkan kekagumannya pada sikap disiplin dan kejujuran warga Jepang yang terasa dari hal kecil sekalipun.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.