Kompas.com - 06/12/2021, 18:05 WIB
Film Yuni karya sutradara Kamila Andini berkompetisi di Toronto International Film Festival (TIFF) 2021. Dok. Four Colours FilmsFilm Yuni karya sutradara Kamila Andini berkompetisi di Toronto International Film Festival (TIFF) 2021.

JAKARTA, KOMPAS.com - Sutradara Kamila Andini (35) mengungkap ide cerita awal dari film Yuni karya rumah produksi Fourcolour Films dan Starvision bekerja sama dengan Akanga Film Asia (Singapura) dan Manny Films (Perancis).

Kamila Andini berujar cerita Yuni sebenarnya dari obrolannya dengan seorang perempuan. Kemudian dari cerita tersebut membuat Kamila Andini terngiang-ngiang.

Baca juga: Sinopsis The Seen Unseen, Film Karya Kamila Andini

“(Ide cerita) Tentang Yuni proses cukup lama, ini ditulis 2017. Ini cerita berawal dari obrolan sangat sederhana bersama seorang ibu yang bercerita tentang anaknya menikah di usia muda,” kata Kamila Andini dalam jumpa pers film Yuni di XXI Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (6/12/2021).

“Ini pembicaraan menetap dipikiran saya, sampai saya bicara ke Ifa,” ujar Kamila menambahkan.

Dari obrolan itu membuat Kamila memulai membuat cerita tentang film Yuni.

Baca juga: Sinopsis YUNI, Film Karya Kamila Andini yang Menang Penghargaan TIFF 2021

“Kemudian setelah berjalan begitu lama, cerita ini bukan sekedar dialog sederhana, saya menemukan pembebasan diri,” ungkap Kamila.

Film Yuni dibintangi beberapa aktor terkenal seperti Arawinda Kirana, Kevin Ardilova, Asmara Abigail, Marissa Anita, dan masih banyak lagi.

Film Yuni berlatar daerah Serang, Jawa Barat, sekaligus menggunakan bahasa Jawa Serang.

Baca juga: YUNI, Film Panjang Karya Kamila Andini yang Diproduseri Ifa Isfansyah

Terakhir melalui film ini Kamila Andini menyelipkan tentang isu perempuan yang mencoba melawan norma sosial daerah tentang kodrat seorang perempuan.

“Setelah nonton ini orang-orang bisa mendapatkan kebebasan. Semoga bola salju ini terus bergerak, sampai semua yang membacanya nanti,” kata Kamila lagi.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.