Kompas.com - 04/12/2021, 14:26 WIB
Viddsee Juree Awards Indonesia 2021 yang disiarkan secara daring di situs resmi Viddsee, Jumat (3/12/2021). Dok. Viddsee Juree Awards Indonesia 2021Viddsee Juree Awards Indonesia 2021 yang disiarkan secara daring di situs resmi Viddsee, Jumat (3/12/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Film pendek One Place, Different Space asal Indonesia memenangi Gold Award di gelaran Viddsee Juree Awards Indonesia 2021 yang disiarkan secara daring di situs resmi Viddsee, Jumat (3/12/2021).

Disutradarai Haris Supiandi, film One Place, Different Space berkisah tentang hubungan ayah dan anak dengan isu lingkungan dan masyarakat adat yang kerap terpinggirkan.

Panel juri internasional dalam ajang ini terdiri dari Sébastien Simon (Programmer Busan International Short Film Festival), Linh Duong (Sutradara film Vietnam), dan Ahsan Adrian (Editor film Indonesia).

Baca juga: Simak Sinopsis YUNI, Film yang Wakili Indonesia di Seleksi Oscar 2022

Menurut Linh Duong, One Place, Different Space tak hanya menampilkan jarak antargenerasi, tetapi juga isu lingkungan, politik serta masyarakat adat melalui pendekatan konseptual yang dirajut dengan sangat baik.

"Kedua pemeran utama yang sama-sama menjadi protagonis juga memiliki kemampuan akting yang natural," kata Linh Duong, dalam rilis resmi yang diterima Kompas.com, Sabtu (4/12/2021).

Di samping itu, film dokumenter Indonesia Boxes of Man and the Sea yang disutradarai Decky Putra juga terpilih sebagai pemenang Silver Award.

Baca juga: Alasan Film Warkop DKI Sering Disebut Film Dono, Ini Penjelasan Indro

Film dokumenter pendek Boxes of Man and the Sea bercerita tentang sang pembuat film dalam perjalanannya mengarungi Samudra Hindia.

Serta kisah hubungan manusia dengan lautan yang kerap terlupakan saat membicarakan kekayaan maritim Indonesia.

Adapun menurut Ahsan Andrian,  dipilih sebagai pemenang Silver Award karena bercerita tentang kehidupan orang-orang biasa, tetapi memiliki visual dan audio yang mendukung dalam cara bertutur.

Baca juga: 4 Film Hollywood yang Tayang Desember 2021 di Bioskop

Selain kedua film tersebut, film Nggabrul yang disutradarai Philipus Maliobowo didapuk sebagai pemenang Audience Choice Award.

Sebagai bagian dari Juree Indonesia 2021, Viddsee juga meluncurkan kerja sama dengan MNC Pictures, bertajuk Etalase Kota, yakni program akselerator bagi para pembuat film dalam jejaring Viddsee.

Di bawah naungan Viddsee Labs, Etalase Kota merupakan adalah serial antologi yang menjadi tema utama dari program ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.