Kompas.com - 03/12/2021, 13:23 WIB
Idang Rasjidi tampil di Java Jazz, Semeru Straight aHead Jazz Hall, Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran, Jakarta Pusat pada Sabtu (7/3/2015) malam. KOMPAS.com/IRFAN MAULLANAIdang Rasjidi tampil di Java Jazz, Semeru Straight aHead Jazz Hall, Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran, Jakarta Pusat pada Sabtu (7/3/2015) malam.

JAKARTA, KOMPAS.com - Idang Rasjidi merupakan seorang musisi jazz asal Indonesia yang lahir pada 26 April 1958 di Pangkal Pinang, Bangka Belitung.

Nama Idang Rasjidi dikenal luas di industri musik Tanah Air karena kepiawaiannya dalam memainkan piano.

Bukan hanya itu, Idang dapat memainkan piano sebagai suara satu berbarengan dengan vokalnya sendiri sebagai suara dua yang menirukan berbagai macam alat musik seperti terompet, trombon, hingga perkusi.

Karier Idang Rasjidi di dunia musik Indonesia diawali pertemuannya dengan musisi Abadi Soesman yang mengajaknya bergabung ke sebuah acara di TVRI.

Baca juga: Idang Rasjidi Terbaring di Rumah Sakit dan Harus Diamputasi

Bukan piano, pada saat itu Idang Rasjidi bermain sebagai bassist. Tetapi, beberapa waktu kemudian, dia dipercaya menjadi keyboardist di kelompok musik Abadi Soesman Band.

Pada saat itulah Idang Rasjidi mulai dikenal sebagai seorang pianis yang memiliki warna jazz.

Tak hanya soal keahlian, wawasan bermusik Idang Rasjidi semakin terasah dari pergaulannya bersama senior, Ireng Maulana dan Kiboud Maulana. Dia pun bergabung dengan Ireng Maulana Associate yang membuka jalan untuk bertemu dengan musisi jazz lainnya.

Idang juga banyak menimba pengalaman bersama Maryono (saxophone), Benny Mustapha (drum), Oele Pattiselano (gitar), Benny Likumahuwa (Trombon), Dullah Suweileh (perkusi), Jeffrey Tahalele (bass) ketika mereka tergabung dalam band yang bernama The Galatic.

Baca juga: Musisi Idang Rasjidi Diamputasi setelah Alami Komplikasi Penyakit

Salah satu titik kesuksesannya ketika bergabung dalam The Djakarta All Star. Grup bentukan Kiboud Maulana ini terdiri dari enam musisi jazz Indonesia yaitu Kiboud Maulana, Idang Rasjidi, Embong Rahardjo, Cendi Luntungan, Jeffry, dan Adjie Rao.

Bersama The Djakarta All Star, Idang Rasjidi tampil di beberapa panggung Internasional, salah satunya sebagai performer rutin dalam North Sea Jazz Festival di Belanda.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.