Kompas.com - 02/12/2021, 18:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagai bagian dari Wrapped 2021, layanan streaming musik Spotify mengumumkan deretan artis, lagu, dan album Kpop teratas di Indonesia dan seluruh dunia yang paling populer sepanjang 2021.

Dengan lebih dari tujuh miliar stream tahun ini, BTS mengukuhkan posisi mereka sebagai supernova dunia dan artis Kpop yang lagunya paling banyak didengarkan, baik secara global maupun di Indonesia.

Mereka juga meraih empat tempat teratas dalam daftar lagu Kpop yang paling banyak diputar secara global, seperti “Butter”, “Dynamite”, “Permission to Dance”, dan “Life Goes On”.

Baca juga: Nonton Konser BTS di AS, Ayu Ting Ting Bakal Tinggal 8 Hari di LA

Album mereka BE, Love Yourself: Tear, dan Map of The Soul: 7 juga muncul sebagai tiga album Kpop yang balik banyak diputar secara global.

Sementara itu, artis Kpop yang lagunya paling banyak diputar kedua secara global tahun ini ialah BLACKPINK.

Hit sukses mereka yang berhasil mengumpulkan lebih dari 500 juta streaming seperti “How You Like That”, melengkapi deretan lima besar lagu Kpop yang paling banyak diputar secara global yang didominasi oleh BTS.

Baca juga: Demi Nonton Konser BTS di LA, Ayu Ting Ting Siapkan Baju Khusus

BLACKPINK juga masuk ke lima besar artis Kpop yang paling banyak didengarkan di Indonesia dengan bertengger di posisi ketiga.

ROSÉ BLACKPINK yang memulai karier solonya tahun ini, berhasil meraih posisi teratas dalam lagu Kpop oleh penyanyi solo yang paling banyak diputar dengan albumnya, R.

Selain itu, vokalis perempuan, Lee Ji-eun, atau lebih dikenal dengan IU, meraih tiga tempat dalam daftar 10 besar lagu Kpop oleh penyanyi solo yang paling sering diputar di Indonesia.

Baca juga: Hadiri Konser BTS, Halsey Langsung Trending di Twitter

Lagu-lagunya seperti “Celebrity”, “Eight” dan “Love Poem” masing-masing menempati posisi ketiga, kelima, dan ketujuh.

Menempati posisi kedua dalam deretan artis Kpop yang paling banyak diputar di Indonesia adalah boyband NCT Dream.

Mereka juga menempati posisi ketiga dan keenam dalam album Kpop yang paling banyak diputar di Indonesia dengan album mereka, Hello Future - The 1st Album Repackage dan Hot Sauce - The 1st Album.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.