Kompas.com - 01/12/2021, 15:05 WIB
Jeno NCT Instagram @nct_dreamJeno NCT

JAKARTA, KOMPAS.com - Penerbit Loveable Group dan Dhia'an Farah akhirnya meminta maaf soal dugaan penggunaan nama Jeno NCT DREAM secara ilegal.

Sebelumnya, novel Dikta dan Hukum dikecam oleh netizen hingga menjadi trending topic di Twitter gara-gara penggunaan nama Jeno NCT DREAM.

Penggemar Jeno yang tak terima langsung mengecam penerbit hingga WeTV, yang baru saja mengadaptasi novel ini menjadi serial.

"Penerbit dan penulis meminta maaf atas ketidaknyamanan ini karena kami tidak bisa membuat pernyataan tanpa seizin pihak yang sudah mengadaptasi buku Dikta & Hukum ini ke sinematografi, maka kami butuh waktu untuk solusinya," bunyi permohonan maaf dari Loveable dikutip dari akun Twitter @Loveableous, Rabu (1/12/2021).

Baca juga: Serial Dikta dan Hukum Dikecam Usai Diduga Gunakan Nama Jeno NCT Secara Ilegal

Sejauh ini, penerbit dan penulis belum bisa memberikan langkah konkrit untuk memperbaiki kesalahan yang sudah mereka lakukan.

Dikta dan Hukum sendiri merupakan sebuah novel yang populer sebagai AU atau alternate universe tentang cerita fiktif seorang penggemar dari NCT yang dipublikasikan di Twitter.

Masalahnya terletak pada serial televisi, serta penulis novel, menggunakan nama Jeno tanpa izin dari artis atau dari perusahaan pengelolanya, SM Entertainment.

Hal ini tentu penting dan menjadi perhatian karena Dikta dan Hukum sebenarnya menampilkan anggota NCT lainnya, terutama Doyoung, yang namanya diubah oleh penulis setelah novel diterbitkan.

Baca juga: Kembali Bikin Iri, Nagita Slavina Pamer Foto Bareng Jaemin dan Jeno NCT Dream

Faktanya, karakter Doyoung adalah karakter utama Dikta. Tetapi, meskipun anggota NCT lainnya sekarang dikenal sebagai karakter yang berbeda dalam cerita, nama Jeno tetap tidak berubah. Bahkan, dalam adaptasi serial TV.

Netizen berargumen bahwa nama Jeno bukan hanya nama pribadinya, karena itu juga mereknya sebagai seorang seniman.

Oleh karena itu, penggunaan namanya yang diduga ilegal berpotensi berdampak pada mereknya dan karirnya.

Karenanya, banyak penggemar yang menulis twit tentang kehebatan Jeno sebagai seorang seniman dan bagaimana ia layak untuk dikenal dan dihormati sebagai seorang seniman.

Konsensus di antara NCTzens adalah bahwa Jeno, sebagai seorang seniman dan individu, harus dapat hidup dan bekerja dalam karirnya dan dikenal karena itu.

Baca juga: Lirik Lagu California Love - Donghae Super Junior dan Jeno NCT

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.