Kompas.com - 01/12/2021, 14:12 WIB

KOMPAS.com - Penyanyi Rihanna ditunjuk sebagai Pahlawan Nasional oleh Republik Barbados.

Keputusan ini dibarengi dengan Barbados yang mendeklarasikan diri sebagai negara republik baru dan mencopot Ratu Elizabeth II dari Inggris sebagai kepala negara.

Rihanna resmi diumumkan sebagai Pahlawan Nasional oleh Perdana Menteri Barbados, Mia Mottley, dalam upacara kenegaraan yang digelar di Bridgetown, Senin (29/11/2021).

Baca juga: Lirik dan Chord Lagu A Million Miles Away - Rihanna

"Semoga Anda terus bersinar seperti berlian dan membawa kehormatan bagi bangsa Anda dengan karya Anda, dengan tindakan Anda," kata Mottley kepada Rihanna, merujuk lagu "Diamonds" milik sang diva.

Mottley menganggap Rihanna selama ini telah berjasa mengharumkan nama bangsa lewat karya-karya yang dihasilkannya.

Pada 2018, musisi berusia 33 tahun ini juga pernah dinobatkan sebagai "Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh" untuk Barbados.

Baca juga: Lirik dan Chord Lagu Fly - Nicki Minaj dan Rihanna

Peran Rihanna bagi Republik Barbados di antaranya adalah mempromosikan pendidikan, pariwisata, dan investasi di Pulau Karibia, yang merupakan rumah bagi hampir 300.000 orang.

Penobatan ini menjadikan Rihanna sebagai orang Barbados ke-11 yang dianugerahi gelar Pahlawan Nasional.

Satu-satunya orang yang masih hidup dan pernah menerima penghargaan yang sama adalah pemain kriket ikonik Garfield Sobers.

Pada penobatan Rihanna, Garfield juga turut hadir dan memberikan pelukan hangat kepada sang diva.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.