Kompas.com - 01/12/2021, 09:48 WIB
Jeno NCT Instagram @nct_dreamJeno NCT

JAKARTA, KOMPAS.com- Serial asal Indonesia Dikta dan Hukum mendadak ramai dibicarakan dan tuai kecaman di media sosial karena menggunakan nama Jeno NCT DREAM tanpa diganti untuk serial mereka.

Penggemar Jeno yang tak terima, bahkan mencela serial televisi asal Indonesia hingga nama Jeno masuk di jajaran Trending Topic Twitter, Rabu (1/12/2021).

Serial tersebut merupakan adaptasi dari novel berjudul Dikta dan Hukum.

Sebuah novel yang populer sebagai AU atau alternate universe, sebuah cerita fiksi penggemar dari NCT yang dipublikasikan di Twitter.

Baca juga: Donghae Super Junior Akan Rilis Singel Bersama Jeno NCT

Masalahnya terletak pada serial televisi, serta penulis novel, menggunakan nama Jeno tanpa izin dari artis atau dari perusahaan pengelolanya, SM Entertainment.

Hal ini tentu penting dan menjadi perhatian karena Dikta dan Hukum sebenarnya menampilkan anggota NCT lainnya, terutama Doyoung, yang namanya diubah oleh penulis setelah novel diterbitkan.

Faktanya, karakter Doyoung adalah karakter utama Dikta. Namun, meskipun anggota NCT lainnya sekarang dikenal sebagai karakter yang berbeda dalam cerita, nama Jeno tetap tidak berubah, bahkan dalam adaptasi serial TV.

Netizen berargumen bahwa nama Jeno bukan hanya nama pribadinya, karena itu juga mereknya sebagai seorang seniman.

 

Oleh karena itu, penggunaan namanya yang diduga ilegal berpotensi berdampak pada mereknya, dan dengan itu, karirnya.

Karenanya, banyak penggemar yang menulis twit tentang kehebatan Jeno sebagai seorang seniman dan bagaimana ia layak untuk dikenal dan dihormati sebagai seorang seniman.

Halaman:

Video Pilihan

Sumber Koreaboo
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.