Kompas.com - 28/11/2021, 13:34 WIB
Penyanyi Naura Ayu YouTube TS MediaPenyanyi Naura Ayu

JAKARTA, KOMPAS.com – Penyanyi Naura Ayu membagikan pengalamannya saat menghadapi bully, komentar negatif atau hate speech.

Bagi Naura, komentar pedas semacam itu telah dirasakannya sejak terjun sebagai penyanyi di usia 9 tahun.

Kini, Naura Ayu mengaku bahwa ia telah menemukan solusi untuk survive.

“Cara orang untuk survive itu itu berbeda. Dan aku menemukan banyak hal soal survive itu,” kata Naura Ayu dikutip dari kanal YouTube TS Media, Minggu (28/11/2021).

“Sejak kecil aku jadi penyanyi, aku pikir haters itu pasti ada. Tapi aku menemukan sebuah pelajaran yang jauh di atas haters,” lanjutnya.

Baca juga: Naura Ayu Pilih Mengalah sebagai Jalan Terbaik Selesaikan Masalah

Putri dari Nola Be3 ini mengatakan, ia bisa menyikapi bully dan komentar negatif tersebut dengan menenangkan diri sendiri.

“Aku pikir mungkin aku enggak bisa kontrol mereka. Yang aku lakukan hanya menenangkan diri. Aku belajar banyak dari hal itu,” tutur Naura Ayu.

Penyanyi berusia 16 tahun itu menuturkan, lebih baik mendapat komentar negatif daripada diganggu langsung.

“Lebih baik aku dikomentar negatif daripada aku diganggu. Kayak komentar negatif itu memang mengganggu, tapi itu kayak sesuatu yang mereka lontarkan. Itu setelahnya tergantung kita mau sensitif atau apa,” ucap Naura.

Baca juga: Naura Ayu Akui Telah Terbiasa Hadapi Hate Speech Sejak Kecil

Naura Ayu hanya ingin kehidupan pribadinya tidak diganggu.

“Cuma kalau orang yang terlalu curious soal aku sama teman-teman aku, aku sama keluarga aku, kayak tiba-tiba DM aku, itu menurutku udah lebih dari ganggu sih,” ujar Naura.

“Karena aku jadi merasa ‘kenapa loe semua harus tahu tentang hidup gue? Kan gue juga manusia yang punya private life’,” tutur Naura Ayu lagi.

Baca juga: Naura Ayu Cerita Sempat Bakal Dirukiah karena Ini

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.