Kompas.com - 26/11/2021, 20:09 WIB
Pemeran film Ayushita Nugraha berpose sebelum wawancara  di Redaksi Kompas.com, Palmerah, Jakarta Pusat, Selasa (6/8/2019). Film ''Perburuan'' yang kisahnya diangkat dari Novel ''Perburuan'' tulisan Pramoedya Ananta Toer akan ditayangkan di bioskop Indonesia mulai 15 Agustus 2019. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGPemeran film Ayushita Nugraha berpose sebelum wawancara di Redaksi Kompas.com, Palmerah, Jakarta Pusat, Selasa (6/8/2019). Film ''Perburuan'' yang kisahnya diangkat dari Novel ''Perburuan'' tulisan Pramoedya Ananta Toer akan ditayangkan di bioskop Indonesia mulai 15 Agustus 2019.

JAKARTA, KOMPAS.com - Aktris Ayushita Nugraha mendapat sebuah peran tak biasa dalam film terbarunya yang berjudul Just Mom.

Dalam film karya sutradara Jeihan Angga ini, Ayushita memerankan karakter Murni, seorang ODGJ (Orang dengan Gangguan Jiwa).

Awalnya, Ayushita sempat bertanya-tanya apa yang membuatnya dipilih memerankan karakter tersebut.

“Jadi ODGJ? kenapa aku? Apa pasnya? Apa aku kandidat ke arah sana, kok yakin banget. Karena gini, apa nih yang belum, tidak pernah terlintas satu pun untuk jadi ODGJ,” kata Ayushita dalam jumpa pers virtual film Just Mom, Jumat (26/11/2021).

Baca juga: Ayushita Bicara Tanggung Jawab Figur Publik dalam Sajikan Konten

Ayushita mengakui bahwa sangatlah sulit melakukan pendalaman karakter untuk menjadi ODGJ.

Sampai akhirnya, ada sebuah cerita unik yang membuatnya bisa mendalami karakter tersebut. Ayushita mengobservasi seekor kucing liar.

“Dia adalah kucing yang aku rawat. Beberapa bulan, ada kucing liar datang ke rumah, bulunya bagus, matanya cantik tapi memang tidak terawat. Lalu, aku rawat,” tutur Ayushita.

Suatu hari kucing tersebut hilang. Sampai akhirnya, ia memakai metode dari Jepang untuk mencari keberadaan kucing yang diberi nama Kuki itu.

“Aku ikut metode dari Jepang, saat kucing hilang aku minta tolong dengan kucing-kucing lain. Aku bilang tolong ya nanti ketemu kucing mata hijau, bulunya panjang, itu namanya Kuki,” ungkap Ayushita.

Baca juga: Fajar Nugros dan Ayushita Didapuk Jadi Juri ISFF 2021

“Satu, dua hari akhirnya dia balik ke rumahku,” ujar Ayushita lagi.

Ayushita menyadari bahwa ada sebuah trauma mendalam yang dialami kucing tersebut sehingga ia mulai berbicara dengan Kuki.

“Aku kasih makan enggak mau, tapi aku tahu dia punya trauma. Dia suka lihat ke tembok, ‘hei kuki kamu kenapa’,” kata Ayushita.

“Abis itu aku dapat skrip (Just Mom) ini. Dan aku membuat Murni sifatnya seperti Kuki. Aku pikir cukup pas. Karena mau nyari ODGJ beneran gimana ngobrolnya. Jadi terima kasih Kuki,” ujar Ayushita menambahkan.

Baca juga: Ayushita Labrak Orang yang Buang Sampah Sembarangan di Hadapannya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.