Kompas.com - 26/11/2021, 16:48 WIB
Aktris Dian Sastrowardoyo usai diskusi IdeaFest 2021 di Mbloc, Jakarta Selatan, Jumat (26/11/2021). KOMPAS.com/ MELVINA TIONARDUSAktris Dian Sastrowardoyo usai diskusi IdeaFest 2021 di Mbloc, Jakarta Selatan, Jumat (26/11/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Aktris sekaligus aktivis Dian Sastrowardoyo turut menyoroti maraknya tren fast fashion.

Fast fashion adalah istilah untuk industri fashion yang produksinya sangat cepat, meluncurkan koleksi baru setiap minggu, dijual dengan harga relatif murah, tetapi bahan yang dipakai belum tentu ramah lingkungan.

Menurut Dian, mungkin selama ini kita terlanjur membeli banyak pakaian fast fashion karena belum mengerti dampaknya.

Ada solusi yang dapat diterapkan untuk mengurangi dampak lingkungan dari pakaian tersebut.

Baca juga: Jang Ki Yong Jalani Wajib Militer, Dian Sastro: Buat yang Ditinggal Besok, yang Tabah Ya

"Kita harus mulai belajar cara merawat pakaian supaya berguna buat kita lebih panjang. Kalau bisa 10 tahun lebih kita masih pakai pakaian yang sama," kata Dian Sastrowardoyo ditemui usai diskusi IdeaFest 2021, di Mbloc, Jakarta Selatan, Jumat (26/11/2021).

"Jadi gimana caranya kalau cuci ada cara yang bikin pakaian itu tidak cepat rusak," lanjutnya.

Dian Sastrowardoyo juga mengingatkan bahwa pakaian yang hanya rusak sedikit seperti kancing lepas atau pun robek masih bisa diperbaiki untuk dipakai lagi.

"Jadi kayak orang zaman dulu, kalau ada yang rusak ya kita perbaiki lagi. Jangan langsung buang atau beli yang baru. Kita harus tetap coba bisa gunakan," jelas artis berusia 39 tahun itu.

Baca juga: Dian Sastro Menangis Haru Greysia Polii/Apriyani Rahayu Raih Medali Emas Olimpiade Tokyo

Lebih lanjut, ia berujar kalau pun sudah tidak bisa digunakan sebagai pakaian sehari-hari, pakaian bekas tersebut bisa dimanfaatkan untuk hal lainnya seperti lap atau bantal.

Ataupun didesain ulang dengan gaya terkini.

Ia mengaku tak malu untuk memakai baju lama secara berulang dalam berbagai kesempatan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.