Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tya Ariestya Bicara soal Jadi Orangtua yang Kritis untuk Kesehatan Anak dan Tips Pola Hidup Sehat

Kompas.com - 24/11/2021, 08:24 WIB
Firda Janati,
Andi Muttya Keteng Pangerang

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis Tya Ariestya semakin memperhatikan kesehatan keluarga, termasuk dirinya sendiri pada masa pandemi Covid-19 ini.

Dalam Grand Launcing MILVIK Dokter, Selasa (24/11/2021), Tya Ariestya menjelaskan bagaimana dirinya menjaga kesehatan anak.

Selain itu, menjaga kesehatan diri sendiri juga penting menurut Tya. Sebab, Kesehatan adalah hal yang paling utama dalam hidup.

Baca juga: Tips Menjaga Kesehatan ala Tya Ariestya

1. Menjadi orangtua kritis

Sebagai orangtua, Tya tentu ingin menjaga anak-anaknya yang rawan terpapar penyakit seperti demam, flu, batuk, pilek dalam kondisi saat ini.

Ketika anaknya sakit, Tya tidak mau memberikan sembarangan obat. Hal pertama yang dilakukannya adalah berkonsultasi dengan dokter.

"Aku orangtua yang cukup kritis ya. Justru kalau anak ada apa-apa nomor satu itu aku ke dokter dulu karena terlalu banyak informasi yang kita dapatin dengan mudah tanpa tahu kebenarannya," ucap Tya Ariestya.

Baca juga: Tya Ariestya Akui Tipe Orangtua yang Kritis Ketika Anaknya Sakit

Tya tak asal memberikan obat yang didapatkannya dari informasi Internet maupun media sosial tanpa benar-benar mengetahui khasiat obat tersebut.

Daripada membahayakan kesehatan anak, Tya memilih untuk bertanya kepada ahlinya.

"Better kita tanya pada ahlinya saja yang sudah profesional yang memang paling tahu. Kita tanya sama dokter kita berkonsultasi di situ," tutur Tya.

Baca juga: Kronologi Tya Ariestya Nyaris Kecelakaan gara-gara Ban Mobil Tertusuk Besi

2. Sarankan agar tak mudah percaya

Tya menyarankan agar masyarakat tidak dengan mudahnya percaya informasi yang belum akurat yang didapat dari internet atau media sosial.

Menurut Tya, hanya dokter yang paling berkompeten untuk mendiagnosis masalah kesehatan anak.

"Karena dokter enggak selamanya apa-apa obat. Ini kasus anak aku demam pun, batuk pilek, sudah swab juga batuk pilek hasilnya negatif. Batuk dan pilek tadi aku dapat penjelasan batuk dan pilek bisa sembuh sendirinya," ucap Tya.

Baca juga: Tya Ariestya Yakini Masa Depan Gala Sky Andriansyah Pasti Aman

3. Jalani pola hidup sehat

Selain mengutamakan kesehatan anak, menjaga kesehatan diri sendiri juga penting menurut Tya.

Sempat mengalamai obesitas, Tya mengubah pola hidupnya menjadi lebih sehat dengan menjaga pola makan.

"Tindakan yang sudah aku lakukan banyak sekali ya, waktu kemarin aku sempat obesitas akhirnya aku menjaga makanan aku. Memulai pola hidup yang lebih sehat," ujar Tya.

Baca juga: Kado dan Harapan Tya Ariestya di Perayaan Ulang Tahun Ketujuh Pernikahannya

4. Berat badan ideal

Dengan menjaga pola makan dan tentunya juga berolahraga yang rutin sesuai arahan dari ahlinya, Tya kini mendapatkan berat badan ideal.

"Aku dapat berat badan ideal aku lanjutkan dengan olahraga, olahraga juga aku bisa bebas melakukan apa yang aku senangi," kata Tya.

Tya mengingatkan alangkah baiknya jika mengonsultasikan soal gizi makanan dan olahraga ke dokter gizi agar keduanya bisa berjalan seimbang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com