Garin Nugroho Terpukau Video Musik Animasi Karya Siswa SMK di Balinale International Film Festival 2021

Kompas.com - 21/11/2021, 11:59 WIB
Video musik animasi berjudul Sabda Alam karya siswa SMK Raden Umar Said Kudus diputar di Balinale International Film Festival, 11-14 November 2021 di Park 23 Kuta Selatan, Badung, Bali. Video musik animasi berjudul Sabda Alam karya siswa SMK Raden Umar Said Kudus diputar di Balinale International Film Festival, 11-14 November 2021 di Park 23 Kuta Selatan, Badung, Bali.
|

KOMPAS.com - Sutradara kawakan Garin Nugroho terpukau dengan karya video musik animasi berjudul Sabda Alam di pergelaran Balinale International Film Festival.

Menariknya, video musik animasi tersebut merupakan karya dari siswa SMK. Pergelaran ini sendiri telah digelar pada 11-14 November 2021 di Park 23 Kuta Selatan, Badung, Bali

Para siswa SMK itu berasal dari SMK Raden Umar Said Kudus, Jawa Tengah.

Pada sesi spesial screening di hari terakhir Balinale, para siswa SMK Raden Umar Said yang merupakan salah satu SMK binaan Djarum Foundation ini juga melakukan diskusi dengan para pengunjung yang meliputi sineas, produser, aktor, maupun penikmat film.

Baca juga: Film Sepeda Presiden Luncurkan Poster Resmi di Balinale

"Saya sudah lihat beberapa karya hasil SMK RUS. Animasi Sabda Alam ini luar biasa sekali untuk sekelas anak-anak SMK membuat animasi sebagus ini,” ujar Garin seperti dikutip dari keterangan tertulis, Minggu (21/11/2021). 

Garin berdecak kagum dan mengapresiasi para pelajar yang masih duduk di bangku SMK mampu menghasilkan karya seperti garapan industri kelas dunia.

Sabda Alam tidak hanya berhasil mencuri perhatian pengunjung Balinale dalam negeri, namun juga penikmat film mancanegara.

Seperti halnya Renee Thorpe yang merupakan seorang jurnalis serta Pascal Philippe, penikmat film asal Perancis. Keduanya sepakat bahwa hasil karya siswa SMK RUS Kudus sangat berkualitas dan layak bersaing dengan karya hasil animator-animator profesional.

Baca juga: Nia Dinata hingga Richard Oh Jadi Juri Balinale International Film Festival 2021

“Karya ini sangat menarik dari segi animasi maupun tema cerita yang diangkat. Pesan tersirat yang ingin disampaikan terwakili oleh berbagai elemen, mulai dari musik, lirik, dan gambar yang menjadi kesatuan yang utuh,” puji Renee usai menyaksikan Sabda Alam.

“Saya rasa karya para siswa SMK RUS Kudus sangat luar biasa dan dapat membangkitkan ekonomi kreatif di Indonesia. Akan baik jika ada pertukaran pelajar dari SMK RUS dengan siswa di sekolah Perancis agar menambah keterampilan wawasan mereka. Ini adalah awal yang menarik untuk mereka berkarya di industri animasi,” kata Philippe di kesempatan yang sama.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.