Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nino RAN: Kalau Misal Gue Terusin Akademis, Mungkin Gue Madesu

Kompas.com - 18/11/2021, 15:58 WIB
Baharudin Al Farisi,
Andi Muttya Keteng Pangerang

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi Nino Kayam memutuskan untuk tidak melanjutkan pendidikan akademisnya dan berkarier di dunia musik Tanah Air.

Kepada Vincent Rompies dan Desta Mahendra, Nino mengaku pernah dua kali berkuliah, tetapi ujungnya tidak selesai.

"Kayaknya bokap juga sudah tahu deh, kalau misalnya gue terusin akademis, madesu gue," ucap Nino Kayam seperti dikutip Kompas.com dari kanal YouTube VINDES, Kamis (18/11/2021).

Baca juga: Patah Hati Antarkan Nino Kayam Temui Kecintaan Menciptakan Lagu

"(Kuliah) Enggak selesai. Gue kuliah dua kali," kata personel RAN itu melanjutkan.

Pemilik nama lahir Anindyo Baskoro itu mengungkapkan, dia pernah berkuliah di Universitas Pelita Harapan dan London School of Public Relations.

Suatu ketika, Nino yang saat itu sedang merintis karier dengan RAN dipanggil oleh dosen pembimbingnya untuk menghadap bersama keluarga karena nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK)-nya menurun drastis.

Baca juga: Nino RAN Rela Pindah ke Seni Musik demi Tampil di Depan Cewek-cewek

"(Katanya) 'Pak ini anak Bapak IPK nya jeblok dari 3 koma jadi cuma 1 koma'," kata Nino menirukan perkataan dosen pembimbingnya.

Namun, kata Nino, jawaban ayahnya kepada dosen pembimbing ketika itu tak disangka-sangka.

"Pas bilang kayak begitu, dia malah bilang sama dosen pembimbing gue, 'Mbak, ada enggak kelas menggambar sambil dengar musik? Kalau ada, anak saya pasti lebih rajin datangnya'," tutur Nino sambil tertawa.

Baca juga: Donasi Plasma Konvalesen, Nino RAN: Mengubah Pengalaman Buruk Jadi Sesuatu Baik

Untuk diketahui, sebelum menyukai musik, Nino sangat gemar menggambar dan kerap kali mengikuti kompetisi.

Setelah menghadap dosen pembimbing, ayah Nino berpendapat bahwa anaknya memang tidak minat kuliah dan hari itu merupakan hari terakhir Nino di UPH.

Soal cerita Nino tidak tamat kuliah di London School of Public Relations, dia mengatakan pada saat itu telah bisa menghasilkan uang dari RAN.

Baca juga: Sembuh dari Covid-19, Nino RAN: Enggak Pernah Sekangen Ini sama Kerja

Karena ingin membanggakan ayahnya, dia memutuskan mendaftar di London School of Public Relations tanpa sepengetahuan keluarga.

Selepas diterima dan makan malam bersama, pelantun lagu "Nikmati Rindunya" itu mengungkapkan hal tersebut kepada ayah dan keluarga.

Baca juga: Ayah Meninggal Dunia, Nino RAN: Tenang di Sana Ya Pak

"Terus gue bilang sama dia, 'aku sebenarnya sudah daftar kuliah lagi'. Gue kira dia bakal, 'Alhamdulillah'. Dia bilang, 'ngapain sih?', 'Ya kan biar dapat gelar, Pak', 'sudahlah, lihat aja nanti kamu, paling lama setahunlah'. Setahun kemudian gue sudah enggak kuliah lagi," ujar Nino sambil tertawa.

"Bukan masalah sibuknya sih, masalah magernya. Kayaknya enggak suka sekolah deh gue," ucap Nino soal alasannya tidak tamat kuliah untuk yang kedua kalinya.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com