Kompas.com - 13/11/2021, 22:41 WIB
Tubagus Muhammad Joddy menjalani pemeriksaan sebelum dijebloskan ke ruang tahanan Mapolres Jombang, Jawa Timur, Kamis (11/11/2021) malam. KOMPAS.COM/DOK. POLRES JOMBANGTubagus Muhammad Joddy menjalani pemeriksaan sebelum dijebloskan ke ruang tahanan Mapolres Jombang, Jawa Timur, Kamis (11/11/2021) malam.

JAKARTA, KOMPAS.com - Sopir mendiang Vanessa Angel dan Bibi Andriansyah, Tubagus Joddy, dikenakan pasal berlapis karena mengakui bermain handphone (HP) saat mengemudi.

Adapun Joddy ditetapkan sebagai tersangka sejak 10 November lalu.

Ia dijerat dua pasal, yakni Pasal 310 Ayat 4 dan Pasal 311 Ayat 5 Undang Undang Nomor 22 tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan Raya.

Baca juga: Pengakuan Tubagus Joddy Setelah Ditetapkan Jadi Tersangka

"Kenapa dikenakan (pasal) 311? Mengemudikan kendaraan, untuk tidak boleh bermain HP," kata Dirlantas Polda Jawa Timur, Kombes Pol Latif Usman, dikutip dari YouTube Kompas TV, Sabtu (13/11/2021).

Kata Latif Usman, penetapan pasal tersebut dari hasil pemeriksaan para saksi dan bukti video yang beredar di media sosial.

"Ada mungkin di media sosial sebagai petunjuk, setelah kami telusuri betul dia di beberapa tempat bermain HP. Ini adalah suatu kesengajaan yang dia lakukan," tutur Usman Latif.

Baca juga: Dijerat Pasal Berlapis, Tubagus Joddy Sopir Vanessa Angel Terancam 12 Tahun Penjara

Lebih lanjut, kecepatan mobil yang dikendarai Joddy di titik tumbur setelah dihitung penyidik adalah 130 kilometer per jam.

Angka tersebut melebihi batas kecepatan maksimum, yaitu 80 Kilometer per jam.

Setelah ditetapkan sebagai tersangka, Joddy langsung ditahan di Polres Jombang.

Baca juga: Polisi Sebut Tubagus Joddy Sopir Vanessa Angel Mengemudi 130 Km/jam Saat Kecelakaan

Dalam kecelakaan tunggal di Tol Jombang-Mojokerto pada 4 November 2021, Vanessa Angel dan Bibi Andriansyah meninggal di lokasi.

Sementara anak mereka, Gala Sky, lebam pada mata kiri dan pengasuhnya, Siska Lorensa patah jari kelingking tangan serta satu gigi lepas.

Joddy sendiri mengalami lecet ringan.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.