Kompas.com - 05/11/2021, 15:55 WIB
Lelaki Tua dan Telaga - Franky Sahilatua Purnama RecordsLelaki Tua dan Telaga - Franky Sahilatua

JAKARTA, KOMPAS.com - Istri mendiang Franky Sahilatua, Harwantiningrum, mengadukan akun YouTube Sekretariat Negara ke Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) atas dugaan pelanggaran hak cipta lagu "Aku Papua".

Lagu tersebut bergema saat pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua di Stadion Utama Lukas Enembe, Jayapura, Sabtu (2/10/2021).

Padahal, menurut Harwantiningrum, belum ada izin terkait penggunaan lagu "Aku Papua".

Setelah beberapa kali menjalani klarifikasi di DJKI, kuasa hukum Harwantiningrum, Igor Renjana, menyebut pihak penyelenggara PON XX PON telah meminta maaf.

Baca juga: Lagu Aku Papua di Pembukaan PON XX Diklaim Tanpa Izin, Istri Franky Sahilatua Adukan Pelanggaran Hak Cipta

"Pihak penyelenggara ada yang menemui kita dan meminta tidak meminta izin dahulu kepada pencipta (ahli waris)," ujar Igor kepada Kompas.com, Jumat (5/11/2021).

Sementara itu, untuk pihak Sekretariat Negara, Igor menyebut hingga saat ini belum ada respons.

"Sekretariat Negara belum respons," ujar Igor.

Diketahui, lagu "Aku Papua" dilantunkan oleh tiga penyanyi asal Papua, yakni Edo Kondologit, Michael Jakarimilena, dan Nowela Elizabeth Auparay saat pembukaan PON XX Papua.

Kendati demikian, lagu "Aku Papua" dinyanyikan dalam pembukaan PON XX Papua tanpa seizin Harwantiningrum sebagai ahli waris dari atas semua karya mendiang suaminya.

Baca juga: Edo Kondologit, Michael J, dan Nowela Buka PON XX dengan Lagu Aku Papua

Oleh karena itu, Harwantiningrum mengadukan hal tersebut ke DJKI Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia pada 10 Oktober 2021 atas dugaan pelanggaran hak cipta.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.