Kompas.com - 28/10/2021, 22:16 WIB
Diary Kemala. IstimewaDiary Kemala.

JAKARTA, KOMPAS.com - Rumah produksi Batavia Pictures yang sukses menggarap film animasi Riki Rhino mengakusisi Diary Kemala, sebuah Line Webtoon komik dengan genre horor.

Sebagai informasi, film Riki Rhino telah menembus pasar internasional yang dimulai dari Inggris kemudian ke Amerika Latin, Afrika, Turki, dan Malaysia.

Batavia Pictures mengumumkan akusisi pengembangan IP (Intellectual Property) lokal Kemala karya Sweta Kartika yang merupakan sebuah platform penerbitan digital berbasis web ataupun mobile bagi para penulis komik dan pencinta komik.

Produser Batavia Pictures Lucki Lukman Hakim mengatakan, pengembangan Kemala tidak hanya sebatas komik versi digital dan cetak, tetapi akan dikembangkan ke dalam format media lainnya.

Baca juga: Film Riki Rhino Siap Tayang di Inggris, Jennifer Castle dan Paul Reynolds Jadi Pengisi Suara

"Kemala sangat mungkin akan dibuat dalam format film layar lebar animasi. Ini menjadi yang pertama di Indonesia film animasi genre horror. Horornya kemala ini smart sehingga dapat dinikmati oleh kalangan lebar," ujar Lucki dalam keterangan tertulis, Kamis (28/10/2021).

Lukman Hakim memprediksi bahwa Kemala memiliki potensi untuk mendunia melalui platform game, theme park yang telah menjadi rencana dikemudian hari.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Film Animasi Riki Rhino Tayang di Kancah Internasional

Produser Batavia Pictures lainnya, Genesis Timotius, menilai Kemala ini sangat menarik dari segi konsep, alur cerita, dan grafisnya.

Hal itu yang membuat pihaknya tertarik mengembangkan lebih lanjut mulai Season 2 mendatang.

Pada Season 2 mendatang, Batavia Pictures dan Kemala juga bekerjasama dengan clothing line asal Bandung, MRJN, yang erat dengan tema gothic pada koleksi busananya.

Baca juga: Lewat Film Riki Rhino, Hamish Daud Kenalkan Alam dan Satwa Langka pada Anak-anak

Kolaborasi ini menghasilkan koleksi merchandise eksklusif MRJN x Kemala dan komik cetak Kemala volume 2.

Sweta Kartika sebagai penulis mengatakan, Kemala akan terus bertumbuh menjadi sebuah produk IP yang besar dan unik, membawakan nilai-nilai sejarah, budaya dan kemanusiaan dalam format cerita fantasi-misteri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.