Kompas.com - 25/10/2021, 07:00 WIB
Rachel Vennya didampingi kuasa hukumnya, Indra Raharja, usai menjalani pemeriksaan di Polda Metro Jaya, Kamis (21/10/2021) KOMPAS.com/SYALUTAN ILHAMRachel Vennya didampingi kuasa hukumnya, Indra Raharja, usai menjalani pemeriksaan di Polda Metro Jaya, Kamis (21/10/2021)

JAKARTA, KOMPAS.com - Selebgram Rachel Vennya bakal menjalani pemeriksaan terkait kasus dugaan pelanggaran lalu lintas pada Senin (25/10/2021) pukul 10.00 WIB.

Pemeriksaan ini merupakan buntut penggunaan mobil Toyota Alphard hitam dengan nomor polisi B 139 RFS usai menjalani pemeriksaan di Direktorat Kriminal Umum Polda Metro Jaya pada 21 Oktober 2021.

"Kita panggil klarifikasi saja. Kecuali kalau kendaraan ini terlibat kecelakaan atau tabrak lari, baru kita jemput. Tapi ini rencana akan kita klarifikasi hari Senin," kata Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Argo Wiyono saat dihubungi awak media, Sabtu (23/10/2021).

Sebagai informasi, pelat RFS (Reformasi Sekretariat Negara) merupakan kode khusus yang digunakan untuk pejabat negara seperti eselon 1 atau setingkat Direktorat Jenderal di Kementerian.

Baca juga: Kuasa Hukum Ungkap Kondisi Terkini Rachel Vennya Setelah Diperiksa Polisi

Argo membenarkan bahwa kendaraan Toyota Alphard hitam dengan nomor polisi B 139 RFS itu merupakan atas nama Rachel Vennya.

"Panggilan atas nama pemilik kendaraan. Kalau yang bersangkutan tidak bisa hadir, harus mengusahakan," ucap Argo melanjutkan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Argo belum mengetahui motif Rachel Vennya menggunakan pelat RFS tersebut.

Namun, ia menduga, penggunaan pelat tersebut bertujuan untuk mendapatkan keistimewaan ketika di jalan raya.

"Ada kode-kode spesifik diberikan penomoran seperti RFS, RFP. Karena nomor kendaraan ini adalah nomor bantuan. Artinya, ini adalah kendaraan dinas. Jadi, harapannya si pengguna pada saat pemeriksaan di jalan supaya bisa dibantu," kata Argo.

Baca juga: Ramai soal Pelat Nomor Mobil Rachel Vennya RFS, Bagaimana Aturannya?

"Iya, previllge dan kemudahan. Cuma kan itu sudah dipatahkan oleh Pak Direktur kalau status kendaraan pelat hitam itu semua sama, tidak ada pengecualian," ucap Argo melanjutkan.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.