Kompas.com - 24/10/2021, 19:06 WIB
Artis peran dan anggota DPR RI Arzeti Bilbina. Dokumentasi pribadi.Artis peran dan anggota DPR RI Arzeti Bilbina.

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis peran sekaligus anggota DPR RI Arzeti Bilbina melakukan kunjungan ke beberapa pesantren di Jawa Timur dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional.

Anggota dari Fraksi PKB ini mengatakan, keberadaan pondok pesantren begitu penting.

Pesantren mengajarkan para santri untuk tidak berpikir oposisi-biner, sebuah gaya berpikir yang selalu mempertentangkan setiap perbedaan.

Baca juga: Arzeti Bilbina Berharap Indonesia Bisa Pulih dan Bangkit dari Virus Corona

"Di pesantren kita diajarkan bahwa perbedaan itu adalah sunnatullah. Perbedaan tidak perlu dipertentangkan, akan tetapi disikapi secara arif agar bisa berjalan beriringan," ujar Arzeti baru-baru ini.

Ada konsep barakoh yang selalu diteladani para santri di pondok pesantren.

Arzeti mengatakan dalam kehidupan pesantren, barokah menjadi hal penting yang dijadikan pegangan santri.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Arzeti Bilbina Lakukan Percepatan Vaksinasi Covid-19 di Dapilnya

Sebab yang selama ini orang dengar, kata dia, setinggi apa pun ilmu yang didapatkan jika tidak mendapatkan barokah sang kiai, maka ilmu yang didapat akan sia-sia.

Menurut Arzeti, pesantren terbukti mampu menjadi pusat peradaban sekaligus menjawab berbagai persoalan negeri dalam berbagai momentum krisis bangsa ini.

Baca juga: Arzeti Bilbina Sebut Pendapatan Rumah Tangga Turun Selama Pandemi dan Bicara Beasiswa Yatim

"Hal paling penting yang bisa didapat dari pesantren adalah Akhlak. Akhlak yang dimaksud di sini bukan sekedar persoalan etika semata. Karena etika lebih kepada persoalan pola sikap dan pola ucap. Semisal, seorang koruptor yang sosialnya bagus tidak bisa dikatakan berakhlak. Karena apa yang ia lakukan tidak sesuai dengan kebenaran hatinya", ujarnya.

Dalam kesempatan ini, Arzeti mengunjungi beberapa pesantren di antaranya Pondok Pesantren Nurut Tahrifi dan Al Jihad di Surabaya, Bahrul Hidayah, An Nafi'yah, Sabilunnajah yang ketiganya berada Sidoarjo untuk berikan bantuan berupa Al- Qur'an dan Juzz Amma.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.