Kompas.com - 21/10/2021, 21:48 WIB
Kepala Penerangan Kodam Jaya Kolonel Arh Herwin Budi Saputra mengatakan, kegiatan TMMD sebagai bentuk partisipasi TNI di tengah masyarakat. Dok. Kodam JayaKepala Penerangan Kodam Jaya Kolonel Arh Herwin Budi Saputra mengatakan, kegiatan TMMD sebagai bentuk partisipasi TNI di tengah masyarakat.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kodam Jaya selaku Komando Tugas Gabungan Terpadu (Kogasgabpad) Covid-19 telah menonaktifkan oknum TNI berinisial IG terkait kasus kaburnya Rachel Vennya dari karantina di Wisma Atlet.

Diketahui, sejauh ini ada dua oknum TNI yang diduga terlibat dalam kasus kaburnya Rachel Vennya, yakni berinisial FS dan IG.

IG disebut bertugas di Wisma Atlet, Pademangan, Jakarta Utara.

Oleh karena itu, Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) Jaya Kolonel Arh Herwin Budi Saputra menegaskan bahwa IG telah dikembalikan ke kesatuannya, yakni Wing I Paskhas/Hardha Marutha TNI AU.

"Dinonaktifkan dari satgas Kogasgabpad, bukan dinonaktifkan dari TNI. Tapi, dari Satgas Kogasgabpad," kata Herwin saat ditemui di Polda Metro Jaya, Kamis (21/10/2021).

Baca juga: Kapendam Jaya: Rachel Vennya Sempat Datang di Wisma Atlet, tapi Keluar Lagi

Sementara itu, Herwin mengatakan, kasus dua oknum TNI itu bakal dilimpahkan ke Polisi Militer sebagai penyidik.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Hasil penyelidikan staf intel, sesuai dengan perintah bapak Panglima (Kodam Jaya), yaitu yang bersangkutan dikembalikan ke kesatuan asal, seperti itu. Nanti akan diperiksa oleh Polisi Militer di kesatuan asalnya," kata Herwin.

Diberitakan sebelumnya, Rachel Vennya dikonfirmasi kabur dari karantina sepulang bepergian dari Amerika Serikat bersama Salim Nauderer dan Maulida Khairunnia.

Menurut hasil penyelidikan Kodam Jaya, terdapat dua oknum TNI bagian Pengamanan Satgas Covid-19 di Bandara Soekarno Hatta dan Wisma Atlet yang diduga melakukan tindakan non-prosedural.

Atas kasus tersebut, Rachel Vennya dijerat Pasal 93 Undang Undang RI Nomor 6 Tahun 18 tentang Karantina Kesehatan dan Pasal 14 Undang Undang Nomor 4 Tahun 1984 tentang Wabah Penyakit.

Baca juga: Hasil Pendalaman Kodam Jaya, Ada 2 Oknum TNI Bantu Rachel Vennya Kabur Karantina

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.