Kompas.com - 21/10/2021, 07:05 WIB
Deddy Corbuzier YouTube Luna MayaDeddy Corbuzier

JAKARTA, KOMPAS.com - Perkumpulan Profesi Pekerjaan Sosial (Propeksos) melayangkan somasi pada konten YouTube Deddy Corbuzier bersama Nikita Mirzani yang dirilis Selasa (19/10/2021).

Somasi tersebut dikirimkan pada Deddy Corbuzier lantara Propeksos melihat adanya potensi penghinaan terhadap profesi pekerja sosial.

"Kami dari Perkumpulan Profesi Pekerjaan Sosial (Propeksos) telah melayangkan somasi 1 kepada saudara @mastercorbuzier sebagai tindak lanjut potensi penghinaan terhadap profesi yang terhormat, bermartabat dan profesional di Indonesia yakni pekerja sosial," tulis akun Instagram @propeksos.indonesia.

Baca juga: Minta Propeksos ke Jalur Hukum, Deddy Corbuzier Malah Dikirim Lagi Surat Somasi

Potensi penghinaan tersebut terdapat dalam konten podcast Deddy Corbuzier saat berbicara soal sanksi pekerja sosial bersama Nikita Mirzani untuk Rachel Vennya yang kabur dari karantina kesehatan.

"Kalau dia misalnya diminta untuk jadi bekerja sosial jadi pekerja sosial bantuin apa bantuin apa," kata Deddy dalam podcast-nya.

"Emang pekerja sosial apa? Nyapuin jalan tol?" jawab Nikita Mirzani.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Tanggapi Somasi Propeksos, Deddy Corbuzier: Silakan ke Jalur Hukum

Bagi Propeksos, Deddy dianggap telah menyamakan pekerja sosial dengan penyapu jalan tol.

Padahal, dalam UU Nomor 14 tahun 2019 tentang Pekerja Sosial, disebutkan bahwa pekerja sosial merupakan pekerja profesional yang bertugas mencegah disfungsi sosial serta meningkatkan keberfungsial sosial, individu, keluarga, kelompok, dan masyarakat.

"Terminologi yang saudara sampaikan melalui konten 19 Oktober 2021 terkait Pekerja Sosial sangat bertentangan dengan terminologi Pekerja Sosial yang sebenarnya menurut Undang-Undang," tulis Propeksos.

Baca juga: Akui Bakal Pindah Negara jika Rachel Vennya Jadi Duta, Deddy Corbuzier: Tandanya Gue Kecewa

Untuk itu, Propeksos meminta Deddy Corbuzier melakukan evaluasi mengenai istilah pekerja sosial.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.