Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Dee Lestari Pilih Iwan Fals sebagai Penyanyi Soundtrack Kinari

Kompas.com - 19/10/2021, 20:13 WIB
Vincentius Mario,
Tri Susanto Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Penulis Dewi Lestari alias Dee Lestari punya alasan tersendiri memilih Iwan Fals sebagai penyanyi soundtrack yang berjudul "Kinari".

Diketahui, lagu tersebut masuk ke dalam soundtrack buku terbaru Dee yang berjudul Rapijali.

Menurut Dee Lestari, karakter suara Iwan Fals sangat cocok menyanyikan "Kinari".

Baca juga: Iwan Fals Ungkap Alasan Penting yang Membuatnya Terima Tawaran Dee Lestari

"Vokal Mas Iwan kayak spoken boy, pencerita. Kalau penyanyi itu kan harus nadanya panjang, menggelegar, ya tapi penyanyi karakter itu kan artinya bertalenta. Ini memang karakter Iwan Fals, kayak sudah pas aja," kata Dee Lestari dalam konferensi pers virtual, Senin (18/10/2021).

Dalam proses penggarapannya, Dee mengaku tak terpikirkan nama lain untuk membawakan salah satu book soundtrack Rapijali tersebut selain Iwan Fals.

“Awalnya pas Kinari dibuat, itu sebenarnya ada 3 versi. Ada yang diciptakan oleh kakeknya, pada saat kita lagi merumuskan mau bikin beberapa versi, yang terpikir adalah Iwan Fals,” lanjutnya.

Baca juga: Lirik Lagu Kinari - Iwan Fals feat. Dee Lestari, OST Rapijali

Ketika menyanyikan lagu itu, Iwan Fals mengisi karakter Yuda Alexander, kakek dari tokoh Kinari yang kehilangan ibunya sejak kecil.

Iwan Fals saat hadir di virtual meeting zoom bersama awak mediaTangkapan layar Trinity Optima Production Iwan Fals saat hadir di virtual meeting zoom bersama awak media

"Lagu ini (dalam novel) dinyanyikan oleh Yuda Alexander. Yuda ini mantan rocker yang punya sebuah band, Zamora, dari Bandung. Yuda ini jenuh dengan kehidupan musik akhirnya dia pergi ke sebuah desa kecil di Batu Karas, memulai hidup baru, memiliki istri dan punya anak," ucap Dee Lestari.

Sementara itu, lagu "Kinari" bagi Iwan Fals menghidupkan kenangan sewaktu tinggal selama 3 tahun di Bandung.

Baca juga: Dewi Dee Lestari Pernah Mewawancara Chris Cornell

"Saya sempat di Bandung 3 tahun. Saat itu, orang di jalan kalau Agustus-an banyak yang nyanyi lagu Rolling Stones, The Beatles, dan saya membayangkan itu. Jadi saya membayangkan ke situ saja" tutur Iwan Fals.

Sebagai informasi, saat menciptakan "Kinari", Dee Lestari menjadikan aransemen lagu "Dust in the Wind" milik Kansas dan "Tears in Heaven" Eric Clapton sebagai referensi.

"Kinari" juga menghadirkan permainan akordeon dengan alasan alat musik tersebut sangat atraktif di panggung dan jarang ada yang memainkan.

Lagu “Kinari” kini sudah bisa dinikmati di berbagai platform streaming musik, serta video liriknya sudah bisa disaksikan di kanal YouTube Trinity Optima Production.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com