Kompas.com - 19/10/2021, 20:13 WIB
Artis musik yang juga penulis Dewi Dee Lestari saat ditemui di The Elements, Rasuna Said, Jakarta Selatan, Selasa (8/1/2019). KOMPAS.com/DIAN REINIS KUMAMPUNGArtis musik yang juga penulis Dewi Dee Lestari saat ditemui di The Elements, Rasuna Said, Jakarta Selatan, Selasa (8/1/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Penulis Dewi Lestari alias Dee Lestari punya alasan tersendiri memilih Iwan Fals sebagai penyanyi soundtrack yang berjudul "Kinari".

Diketahui, lagu tersebut masuk ke dalam soundtrack buku terbaru Dee yang berjudul Rapijali.

Menurut Dee Lestari, karakter suara Iwan Fals sangat cocok menyanyikan "Kinari".

Baca juga: Iwan Fals Ungkap Alasan Penting yang Membuatnya Terima Tawaran Dee Lestari

"Vokal Mas Iwan kayak spoken boy, pencerita. Kalau penyanyi itu kan harus nadanya panjang, menggelegar, ya tapi penyanyi karakter itu kan artinya bertalenta. Ini memang karakter Iwan Fals, kayak sudah pas aja," kata Dee Lestari dalam konferensi pers virtual, Senin (18/10/2021).

Dalam proses penggarapannya, Dee mengaku tak terpikirkan nama lain untuk membawakan salah satu book soundtrack Rapijali tersebut selain Iwan Fals.

“Awalnya pas Kinari dibuat, itu sebenarnya ada 3 versi. Ada yang diciptakan oleh kakeknya, pada saat kita lagi merumuskan mau bikin beberapa versi, yang terpikir adalah Iwan Fals,” lanjutnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Lirik Lagu Kinari - Iwan Fals feat. Dee Lestari, OST Rapijali

Ketika menyanyikan lagu itu, Iwan Fals mengisi karakter Yuda Alexander, kakek dari tokoh Kinari yang kehilangan ibunya sejak kecil.

Iwan Fals saat hadir di virtual meeting zoom bersama awak mediaTangkapan layar Trinity Optima Production Iwan Fals saat hadir di virtual meeting zoom bersama awak media

"Lagu ini (dalam novel) dinyanyikan oleh Yuda Alexander. Yuda ini mantan rocker yang punya sebuah band, Zamora, dari Bandung. Yuda ini jenuh dengan kehidupan musik akhirnya dia pergi ke sebuah desa kecil di Batu Karas, memulai hidup baru, memiliki istri dan punya anak," ucap Dee Lestari.

Sementara itu, lagu "Kinari" bagi Iwan Fals menghidupkan kenangan sewaktu tinggal selama 3 tahun di Bandung.

Baca juga: Dewi Dee Lestari Pernah Mewawancara Chris Cornell

"Saya sempat di Bandung 3 tahun. Saat itu, orang di jalan kalau Agustus-an banyak yang nyanyi lagu Rolling Stones, The Beatles, dan saya membayangkan itu. Jadi saya membayangkan ke situ saja" tutur Iwan Fals.

Sebagai informasi, saat menciptakan "Kinari", Dee Lestari menjadikan aransemen lagu "Dust in the Wind" milik Kansas dan "Tears in Heaven" Eric Clapton sebagai referensi.

"Kinari" juga menghadirkan permainan akordeon dengan alasan alat musik tersebut sangat atraktif di panggung dan jarang ada yang memainkan.

Lagu “Kinari” kini sudah bisa dinikmati di berbagai platform streaming musik, serta video liriknya sudah bisa disaksikan di kanal YouTube Trinity Optima Production.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.