Kompas.com - 18/10/2021, 19:31 WIB
Pelawak Nurul Qomar Empat Sekawan saat ditemui di kawasan Kalimulya, Depok, Jawa Barat, Minggu (29/12/2019). KOMPAS.com/ANDIKA ADITIAPelawak Nurul Qomar Empat Sekawan saat ditemui di kawasan Kalimulya, Depok, Jawa Barat, Minggu (29/12/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Pelawak Nurul Qomar mendapat dukungan penuh dari keluarga saat menghadapi sakit kanker usus stadium 4 C.

Qomar berujar, dari dukungan itulah yang membuat dirinya tetap berjuang untuk sembuh.

Terutama dukungan istri dan anak-anaknya.

“Dan yang membuat kekuatan makin kuat, betapa Ibu Haji Siti Maryam, Soebagdja Salim, Rahardja Adi Wijaya kemudian Nurhaliza kakaknya beliau, menjadi kekuatan Abah dalam proses penyembuhan,” kata Nurul Qomar dikutip Kompas.com dari kanal YouTube STARPRO Indonesia, Senin (18/10/2021).

Baca juga: Sakit Kanker Stadium 4C, Nurul Qomar: Umur Itu Wilayah Kekuasaan Tuhan

“Energi yang paling dahsyat adalah ibunya anak-anak dan seluruh anak-anak. Kalau energi yang utama, tentu saja kekuatan main set dan kedekatan hati dan jiwa kepada Tuhan Allah SWT,” tambah Nurul Qomar.

Sementara, salah satu anaknya, Soebagdja Salim turut mendampingi Qomar menjalani kemoterapi kedua.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dia melihat betapa kuatnya sang ayah berjuang melawan penyakit tersebut.

Baca juga: Jalani Kemoterapi, Nurul Qomar: Diinfus 46 jam dan Dimasukkan Obat Berstandar Tinggi

“Saya sebagai anak bukannya merasa sedih tapi merasa bangga, merasa ikut terpacu juga semangatnya (ayah). Ikut termotivasi melihat seorang ayah yang tertimpah berkah yang luar biasa. Jadi kami kebawa ikut kuatnya, senangnya, bahagianya,” tutur Soebagdja.

Saat ini, Qomar tengah menjalani kemoterapi kedua.

Dan nantinya Qomar akan menjalani kemoterapi selama enam bulan.

Namun, Qomar berharap kemoterapi yang dijalaninya bisa membuatnya sembuh dari penyakit itu.

Baca juga: Nurul Qomar Jalani Kemoterapi Usai Operasi Kanker Usus Stadium 4

“Walaupun secara fisik dalam proses pemulihan tapi insya Allah sebulan dua kali kemoterapi selama 6 bulan. Mudah-mudahan enggak sampai 6 bulan bisa normal kembali,” ucap Qomar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.