Kompas.com - 14/10/2021, 10:45 WIB
Putra aktor Bollywood Shah Rukh Khan, Aryan Kan (tengah) digiring aparat kepolisian di luar Biro Pengendalian Narkotika (NCB/Narcotics Control Bureau) d Mumbai, Minggu (3/10/2021). Dia diperiksa bersama beberapa orang menyusul penggerebekan di sebuah pesta di kapal pesiar. AFPPutra aktor Bollywood Shah Rukh Khan, Aryan Kan (tengah) digiring aparat kepolisian di luar Biro Pengendalian Narkotika (NCB/Narcotics Control Bureau) d Mumbai, Minggu (3/10/2021). Dia diperiksa bersama beberapa orang menyusul penggerebekan di sebuah pesta di kapal pesiar.
Penulis Firda Janati
|
Editor Kistyarini

KOMPAS.com - Seorang advokat di India, Khushbu Jain, berbicara mengenai kasus narkoba yang menjerat Aryan Khan, anak aktor Bollywood Shah Rukh Khan.

Menjelaskan dari sudut pandang hukum, kata Jain, kasus dugaan narkoba dapat membuat reputasi Aryan dipertaruhkan.

Saat ini Aryan Khan masih diperiksa terkait dugaan penggunaan narkoba setelah terciduk pesta narkoba di kapal pesiar.

"Kasus Aryan Khan adalah sub-peradilan. Setiap hari beberapa perkembangan baru terjadi yang menyoroti simpul-simpul baru dan orang-orang yang secara langsung atau tidak langsung terlibat dalam rantai perdagangan gelap obat-obatan," jelas Jain Khushbu sebagaimana dilansir Time of India, Kamis (14/10/2021).

Baca juga: Hrithik Roshan Sampaikan Dukungan untuk Aryan Khan lewat Surat Terbuka

Jain mengatakan, pihak berwenang dalam kasus itu harus memusatkan penyelidikan untuk menemukan dalang penjualan dan pemasokan narkoba.

Jain kemudian menjelaskan kasus Aryan Khan yang masuk ke dalam undang-undang yang berlaku di India.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Sementara UU NDPS tahun 1985 terkait hukuman untuk kejahatan fleksibel. Itu tergantung pada berapa banyak kuantitas yang terlibat dalam komisi pelanggaran," ujarnya.

Pelanggaran yang melibatkan jumlah kecil dapat dihukum dengan hukuman penjara yang ketat.

Baca juga: Viral Video Pesan Shah Rukh Khan untuk Aryan Khan: Dia Boleh Pakai Narkoba

Masa hukuman penjara dapat diperpanjang hingga satu tahun atau dengan denda yang dapat mencapai 10.000 rupee atau dengan keduanya.

Jain menambahkan, jika Arya dinyatakan positif mengonsumsi narkoba, UU NDPS dapat memberikan kekebalan dari penuntutan jika diklasifikasikan sebagai pecandu.

"Undang-undang mengatur agar 'pecandu yang secara sukarela berobat menikmati kekebalan dari penuntutan'. Kekebalan ini dapat ditarik jika pecandu tidak melakukan pengobatan lengkap," kata Jaun.

Baca juga: Fakta-fakta Penggerebekan Narkoba Aryan Khan, Putra Shah Rukh Khan

Jain juga menyoroti poin penting tentang citra seseorang yang tidak bersalah dalam kasus tersebut.

"Mengingat ketentuan kekebalan di atas atau jika orang itu benar-benar tidak bersalah, paparan yang berlebihan dapat merusak reputasinya seumur hidup," ujar Jain.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.