Kompas.com - 06/10/2021, 12:02 WIB
Penyanyi Andien Aisyah menghibur penonton saat menggelar konser bertajuk Metamorfosa di Plenary Hall Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta (15/9/2015). Konser yang menandai 15 tahun karirnya di industri musik ini melibatkan lima music director, yaitu Nikita Dompas, Ali Akbar, Aghi Narotama, Dandy Lasahido, dan Rishanda Singgih serta lima desainer kenamaan, yaitu Didi Budiardjo, Sapto Djojokartiko, Mel Ahyar, Danjyo Hiyoji, dan Tri Handoko. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO KRISTIANTO PURNOMOPenyanyi Andien Aisyah menghibur penonton saat menggelar konser bertajuk Metamorfosa di Plenary Hall Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta (15/9/2015). Konser yang menandai 15 tahun karirnya di industri musik ini melibatkan lima music director, yaitu Nikita Dompas, Ali Akbar, Aghi Narotama, Dandy Lasahido, dan Rishanda Singgih serta lima desainer kenamaan, yaitu Didi Budiardjo, Sapto Djojokartiko, Mel Ahyar, Danjyo Hiyoji, dan Tri Handoko. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO
Penulis Firda Janati
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi Andien Aisyah bangga dengan pencapaian adiknya, Diego Yanuar.

Film dokumenter karya Diego Yanuar berjudul The Bike's Journal masuk 25 besar nominasi Film Dokumenter Pendek di Festival Film Indonesia 2021.

Dalam unggahan terbaru Andien, penyanyi sekaligus aktris itu menuliskan cerita di balik penggarapan film dokumenter adiknya.

Mulanya, Andien mengaku terkejut karena tiba-tiba adiknya mengungkapkan keinginannya untuk melakukan perjalanan sepeda dari Belanda ke Indonesia pada 2018.

Baca juga: Andien Aisyah Beri Pesan untuk Diri Sendiri di Usia 36 Tahun

"Aku jadi saksi gimana tahunan dia bekerja keras lalu memecahkan celengannya membiayai perjalanannya yang hampir setahun itu," tulis Andien Aisyah seperti dikutip dari Instagram @andienaisyah, Rabu (6/10/2021).

Perjalanan Diego bersepeda dari Belanda ke Indonesia pun dimulai.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Diego merekam perjalanannya menggunakan kamera mirrorless sederhana dan GoPro.

"Aku masih inget banget waktu dia cerita kalau pernah minta support dari berbagai brand, termasuk brand kamera, tapi enggak dilirik," tulis Andien.

Baca juga: Andien Aisyah Ikut Ikoy-ikoyan ala Arief Muhammad, Kirimkan Warganet Sandal Anak sampai Otak-otak

Pada 2019, Diego menuntaskan perjalanannya melalui 23 negara dengan banyak cerita yang tertuang dalam buku, lagu, pameran, cerita anak, buku foto sampai akhirnya sebuah film dokumenter.

"Film yg bisa dibilang swadaya, swasembada, one man show karena semua dilakukan sendiri: rekam sendiri, jadi DOP sendiri, edit sendiri, semua sendiri.. Film itu diberi judul The Bike’s Journal," tulis Andien.

Halaman:

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.