Hotma Sitompoel Nilai Hotman Paris Tak Utamakan Perdamaian saat Dampingi Desiree Tarigan

Kompas.com - 04/10/2021, 21:05 WIB
Hotma Sitompoel menggelar konferensi pers di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Senin (4/10/2021). KOMPAS.com/Vincentius MarioHotma Sitompoel menggelar konferensi pers di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Senin (4/10/2021).
|
Editor Kistyarini

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengacara Hotma Sitompoel menilai Hotman Paris tak mengutamakan perdamaian saat mendampingi istrinya, Desiree Tarigan.

Hal itu yang menjadi salah satu alasan Hotma mengadukan Hotman Paris ke Dewan Kehormatan Peradi pada April 2021 lalu.

"Yang kami adukan adalah dia tidak melakukan upaya damai. Dan itu tidak dinilai sama sekali oleh Majelis Hakim," kata Hotma saat ditemui di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Senin (4/10/2021). 

Baca juga: Aduan Ditolak Peradi, Hotma Sitompoel Akan Ajukan Banding dan Laporkan Hotman Paris ke Polisi

Selain itu, Hotma juga mengadukan Hotman Paris yang dinilainya merendahkan martabat seorang advokat.

"Kedua, dia merendahkan martabat advokat. Semua ada pasalnya. Seperti kata Majelis bilang enggak apa-apa, mau bertingkah apa pun tidak melanggar etika selama kalian tidak bicara sebagai advokat. Itu kata Majelis. Saya tidak bicara sebagai advokat. Saya bicara sebagai masyarakat," lanjutnya.

Menurut Hotma, sebagai seorang pengacara, Hotman semestinya mengutamakan perdamaian saat mendampingi klien.

Baca juga: Diskors Peradi, Hotma Sitompoel: Hebat Hotman Paris Bisa Atur Keputusan Majelis Hakim

"Di sini saya melihat malah Hotman Paris berhasil mengadu domba dan merusak Peradi, sehingga Peradi melanggar kode etik. Hebat Hotman Paris, bisa mengatur keputusan majelis," tutur Hotma.

Sebelumnya, Majelis Hakim Dewan Kehormatan (DK) Peradi DKI Jakarta menyatakan pengacara Hotman Paris Hutapea tak melanggar kode etik profesi. 

Putusan itu disampaikan dalam sidang kode etik yang digelar secara virtual pada Rabu (29/9/2021).

Baca juga: Aduan soal Hotman Paris Ditolak, Hotma Sitompoel Pertanyakan Keputusan Majelis Hakim Peradi


Mengenai putusan tersebut, Hotma berencana akan mengajukan banding ke DPN Peradi hingga melaporkan Majelis Hakim Peradi ke pihak kepolisian.

Hotman Paris sebelumnya dilaporkan ke Dewan Kehormatan Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) oleh Muara Karta dan Partahi Sihombing yang merupakan tim kuasa hukum Hotma Sitompul pada April 2021 lalu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.