Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sutradara Ungkap Alasan Serial Squid Game Bisa Populer di Seluruh Dunia

Kompas.com - 30/09/2021, 13:29 WIB
Baharudin Al Farisi,
Novianti Setuningsih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Penulis sekaligus sutradara Squid Game, Hwang Dong Hyuk, tidak pernah menduga serial garapannya bakal populer secara global.

Sebagai seorang sutradara, Hwang Dong Hyuk sangat berbahagia dengan pencapaian ini.

Ia menilai, mungkin ini merupakan pengalaman sekali dalam seumur hidup.

"Ini hanya kejutan. Sungguh luar biasa bahwa semua kegilaan ini terjadi dalam waktu seminggu," kata Hwang seperti dilansir Kompas.com dari Yonhap, Kamis (30/9/2021).

Setelah Squid Game menyelesaikan penayangannya dengan sembilan episode, serial tersebut mendapatkan atensi besar dari kritikus film Korea hingga luar negeri.

Baca juga: Lee Jung Jae Bakal Pakai untuk Ini jika Dapat Uang Hadiah Squid Game

Menurut data perusahaan analitik streaming Flix Patrol, Squid Game menjadi serial TV Korea pertama yang tayang di Netflix dan paling banyak ditonton di Amerika Serikat.

Co-CEO Netflix, Ted Sarandos, baru-baru mengatakan, Korea sedang dalam perjalanan untuk menjadi konten asli perusahaan yang paling sukses di dunia.

Saat ditanya tentang kunci popularitas global tersebut, Hwang Dong Hyuk mengatakan, jawabannya adalah kesederhanaan.

Menurut Hwang, kesederhanaan dari sebuah permainan Squid Game membuat penonton terbenam dalam setiap karakter di serial tersebut.

Lebih dari itu, kata Hwang, kesederhanaan alur cerita Squid Game menyindir masyarakat yang sangat kompetitif. Mereka mendorong seseorang hingga sampai ke titik terendah tanpa adanya harapan untuk memikirkan jalan lain.

Baca juga: Jung Ho Yeon Bakal Beli Tteokbokki jika Dapat Uang Hadiah Squid Game

"Saya juga berpikir, orang-orang tertarik dengan ironi bahwa orang dewasa yang putus asa, mempertaruhkan hidup mereka untuk memenangkan permainan anak-anak," kata Hwang Dong Hyuk.

"Permaianannya sederhana dan mudah sehingga penonton lebih fokus pada setiap karakter daripada aturan permainan yang rumit," ucap Hwang melanjutkan.

Diketahui, serial Squid Game menampilkan kompetisi misterius, di mana ratusan orang yang terlilit utang memainkan permainan anak-anak dan mempertaruhkan nyawanya dengan harapan memenangkan hadiah uang sebesar 45,6 miliar won.

Karakter utama dalam serial tersebut bernama Seong Gi Hun (Lee Jung-jae), seorang pria yang terlilit utang, mengalami perceraian, dan kecanduan judi.

Bersama 455 peserta yang lain, Gi Hun berkompetisi di sebuah komplek tertutup yang dibangun di sebuah pulau tak berpenghuni.

Baca juga: Fakta Squid Game, Serial Korea Bertema Permainan Tradisional yang Sukses Besar

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com