Kompas.com - 28/09/2021, 16:49 WIB
Band KotaK saat berkunjung ke Kantor Redaksi Kompas.com, Jakarta, Selasa (14/7/2020). KotaK diketahui baru merilis singel terbaru mereka berjudul Hoax. Sebuah lagu yang berisi pesan agar masyarakat tidak ikut menyebarkan berita-berita bohong atau hoaks. KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMOBand KotaK saat berkunjung ke Kantor Redaksi Kompas.com, Jakarta, Selasa (14/7/2020). KotaK diketahui baru merilis singel terbaru mereka berjudul Hoax. Sebuah lagu yang berisi pesan agar masyarakat tidak ikut menyebarkan berita-berita bohong atau hoaks.

JAKARTA, KOMPAS.com - Grup band KotaK bersama penggemarnya tengah melakukan beberapa kegiatan di September 2021.

Kegiatan yang sudah bergulir beberapa waktu lalu ini memperingati hari jadi KotaK yang ke-17 tahun, tepatnya pada 27 September 2021.

Kegiatan itu seperti, para personel bercerita tentang "Top 17 Tracks dari KotaK", playlist Spotify yang bertajuk "Playlist Competition", serta "Fandom Competition" di Instagram dan TikTok.

"27 September, KotaK mengadakan syukuran secara virtual bersama Kerabat KOTAK di seluruh Indonesia," bunyi keterangan pers yang diterima Kompas.com, Selasa, (28/9/2021). 

Baca juga: Tantri KotaK Ulang Tahun, Arda NAFF: Serumah tapi Enggak Bisa Cium dan Peluk

"Juga, KotaK akan memberikan donasi dalam rangka mendukung salah satu social movement di Indonesia," bunyinya lagi.

Bagi sebuah grup band, 17 tahun bukan waktu yang singkat karena banyak lika-liku yang mereka lewati.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Personel KotaK saat ini diisi oleh Tantri, Chua, dan Cella. Bukan formasi awal, melainkan ketiga dan merupakan yang paling solid karena sudah berjalan lebih dari 13 tahun.

Singel pertama KotaK, "Sendiri", dirilis dalam format kompilasi dengan judul "The Dream Band: Delapan".

Baca juga: Cerita Masa Kecil Tantri KotaK, Pernah Dipanggil Guru BP hingga Hampir Diculik

Pada 2006, album perdana mereka, KotaK, hadir di industri musik. Kemudian, dilanjutkan dengan album KotaK Kedua (2008), dan Energi (2010).

Hingga saat ini, KotaK sudah memiliki 10 album. Yang terbaru, album teranyar KotaK berjudul Identitas yang dirilis pada September 2020 dan Identitas (Live) pada pekan lalu.

Di sisi lain, beberapa minggu terakhir, lagu KotaK berjudul "Haters" menjadi populer sound di TikTok.

Sementara, lagu "Merah Putihku" dan "Tanah Airku", jumlah stream Spotify mengalami peningkatan yang cukup signifikan ketika Kemerdekaan Indonesia, 17 Agustus.

Baca juga: Tantri KotaK Pernah Hampir Diculik Saat Kecil

Selama 17 tahun, KotaK meraih beberapa penghargaan seperti Anugerah Musik Indonesia, Social Media Awards, SCTV Music Awards, MTV Awards Indonesia, dan penghargaan bergengsi lainnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.