Kompas.com - 27/09/2021, 12:06 WIB
. LEGO.

JAKARTA, KOMPAS.com - Marvel dan Disney menggugat para pemilik hak cipta dari karakter-karakter Avengers seperti Iron Man, Spider-Man, Black Widow, Ant-Man, Hawkeye, Falcon, Thor, dan lainnya.

Gugatan itu dilayangkan kepada para ahli waris pencipta karakter komik mereka seperti Larry Lieber, Stan Lee, Steve Ditko, dan Gene Colan.

Marvel kini terancam kehilangan hak cipta tokoh-tokoh di atas karena para ahli waris berencana untuk mengklaim kembali hak ciptanya.

Jika Marvel kalah dalam gugatan ini, maka proyek-proyek besar dari Marvel Cinematic Universe dan lainnya bisa terhenti atau harus membayar dengan biaya yang fantastis.

Baca juga: Rich Brian: Saya Tak Percaya, Seniman Muda dari Indonesia Bisa Menyanyi untuk Marvel

Dilansir The Hollywood Reporter, Senin (27/9/2021), pada bulan Agustus pihak Ditko menarik hak cipta Spider-Man yang pertama kali muncul di komiknya pada tahun 1962.

Di bawah ketentuan penghentian Undang-Undang Hak Cipta, penulis atau ahli warisnya dapat mengklaim kembali haknya setelah diberikan kepada penerbit sesuai jangka waktu yang ditentukan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Marvel kabarnya harus menyerahkan hak cipta kepada Ditko atas karakternya pada Juni 2023.

Marvel menggugat Lieber, Ditko, dan Heck di pengadilan federal Manhattan. Sementara, untuk kasus Gene Colan, Marvel menyerahkannya ke pengadilan federal Brooklyn.

Baca juga: Park Seo Joon Tepergok Tinggalkan Korea, Agensi Benarkan Akan Syuting untuk Marvel

Untuk memperjuangkan permasalahan ini, Marvel menunjuk pengacara Dan Petrocelli, yang sebelumnya pernah menangani kasus serupa bersama DC atas hak cipta Superman.

Jika pihak penggugat menang, maka Disney berharap setidaknya masih bisa memegang sebagian hak cipta karakternya sebagai kepemilikan bersama.

Namun, induk perusahaan Marvel ini harus membagi keuntungan dari penjualan atas film-film dengan karakter tersebut dengan ahli warisnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.