Kompas.com - 23/09/2021, 14:52 WIB
Marshanda saat jadi bintang tamu di kanal YouTube NGOBROL ASIX Tangkapan layar YouTube NGOBROL ASYIKMarshanda saat jadi bintang tamu di kanal YouTube NGOBROL ASIX

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis Marshanda membagikan cerita tentang prosesnya untuk mulai mengurangi dosis obat bipolar disorder yang selama ini dikonsumsi.

Cerita-cerita itu ia buat dalam bentuk vlog dan diunggah di kanal YouTube-nya Marshed.

Namun, Marshanda mengingatkan agar ceritanya itu tidak jadi pedoman untuk orang-orang yang memiliki diagnosis masalah kejiwaan serupa.

"Cerita apapun yang gue share ini kalau misal lu jadikan itu sebagai pedoman, itu enggak boleh banget," ucap Marshanda, dikutip dari kanal YouTube Marshed, Kamis (23/9/2021).

Baca juga: Marshanda Buka-bukaan soal Masa Lalu dan Akui Rindu Berkeluarga

Ia berujar, bagi penderita yang ingin mengurangi dosis obat harus terlebih dahulu konsultasi ke tenaga ahli.

"Lu harus konsultasi sama psikiater lu. Cari konselor, psikolog, psikiater untuk membantu menentukan apa yang terbaik untukmu," tuturnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Marshanda tidak berkata bahwa pengobatan selalu buruk. Bisa juga pengobatan merupakan sesuatu yang baik jika diperlukan.

Di babak hidupnya sekarang, Marshanda mengaku siap untuk perlahan mengurangi dosis obatnya hingga mungkin tak perlu mengonsumsinya.

Baca juga: Ingin Dilihat Sebagai Sosok Empowering, Marshanda Malah Sempat Diragukan Orang Lain

Ia juga tidak mau langsung berhenti minum obat dalam sekejap ataupun memiliki target khusus.

Saat ini, Marshanda tengah berlibur di Amerika Serikat seorang diri sebagai salah satu cara menjalani proses penyembuhan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.