Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bandingkan Penghasilannya dengan Gaji Presiden, Kaesang: Bapak Enggak Ada Duit

Kompas.com - 22/09/2021, 10:11 WIB
Rintan Puspita Sari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Kaesang Pangarep, putra bungsu Presiden RI Joko Widodo menyebut penghasilan yang didapat sebagai pengusaha jauh lebih besar dibanding gaji ayahnya sebagai Presiden.

Seperti diketahui, Kaesang memang memiliki beberapa jenis usaha, tidak hanya di bidang kuliner, tapi Kaesang juga diketahui bermain saham.

"Gajinya bapak juga kecil. Saya kasih tahu rekening saya ke bapak, 'bapak enggak ada duit', beneran saya ngomong gitu," kata Kaesang diiringi tawa dikutip dari podcast Deddy Corbuzier.

Apalagi ketika sang kakak, Gibran Rakabuming mulai terjun ke politik, akhirnya bisnis keluarga mereka kini beralih pada Kaesang, sehingga penghasilan Kaesang terus bertambah.

Baca juga: Tak Terjun ke Politik, Kaesang Pangarep: Menikmati Hidup

"Presiden kan enggak boleh (bisnis), tetap berjalan (bisnis furnitur). Dulu dilungsurin ke Mas Gibran, Mas Gibran ke saya sekarang," ujar Kaesang.

"Jadi saya yang tanggung jawab sekarang. Kepemilikan bapak sudah enggak, enggak megang juga, emang enggak boleh secara peraturan," imbuh pemilik Sang Pisang itu.

Kaesang juga sempat mengungkap alasannya mendukung Gibran untuk terjun ke politik yang membuat Deddy Corbuzier tertawa usai mendengarnya.

"Jujur nih ya, setuju (Gibran ke politik). Karena dengan dia masuk politik, otomatis perusahaan harus dipindahin juga kan," kata Kaesang santai.

Baca juga: Cerita Kaesang Pangarep, Pacaran Tetap Diikuti Paspampres


"Namanya anak soleh kan begitu. Membantu bisnis keluarga untuk keuntungan sendiri," lanjutnya.

Karena itu Kaesang bisa mengatakan gajinya sebagai pengusaha jauh lebih besar dari seorang Presiden.

"Keuntungan buat saya. Ya iya, saya yang ngerjain kok, untung buat saya," kata Kaesang.

"Bapak kadang-kadang tak beliin makan aja. Bapak dibeliin makan udah seneng, kadang-kadang saya GoFood in," imbuh Kaesang.

Baca juga: Felicia Tissue Ungkap Perasaan Ketika Heboh Kabar Kaesang Sudah Berpacaran Lagi


Sebelumnya Kaesang juga sempat membicarakan gaji kakaknya, Gibran Rakabuming yang menjadi Wali Kota Solo.

"Mas Gibran saya kan tahu gaji Wali Kota berapa, ya sama saya, kasihan," kata Kaesang diiringi tawa.

"Udah gajinya segitu, kena Covid lagi kemarin kan, habis itu harus bertanggung jawab sama ratusan ribu warga, kan ribet," imbuh Kaesang.

Meskipun tertarik dengan dunia politik, Kaesang berusaha untuk tidak ikut terjun ke politik dan memilih menikmati hidupnya yang sekarang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com